Gunawan, Levina Marva (2020) Perbedaan pengambilan keputusan pada generasi y dan z dalam membeli produk fashion yang menggunakan celebrity endorser. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (643kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (670kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pemasaran saat ini tidak dilakukan secara offline saja, namun saat ini juga dilakukan secara online. Salah satu strategi pemasaran yang sedang marak yaitu endorsement. Endorsement merupakan kegiatan pemasaran yang melibatkan celebrity endorser sebagai public figure untuk mempromosikan suatu produk. Penelitian ini berfokus pada produk fashion karena produk fashion merupakan salah satu produk yang menunjang sektor ekonomi Indonesia dan paling sering dibeli oleh konsumen. Dalam mempromosikan produk fashion, celebrity endorser perlu membangun sebuah kepercayaan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan. Keputusan konsumen untuk membeli suatu produk yang diendorse tentu melibatkan proses pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan adalah hal yang seringkali dilakukan oleh setiap orang untuk mempertimbangkan pilihannya apabila dihadapkan pada beberapa alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengambilan keputusan membeli produk fashion yang menggunakan celebrity endorser pada Generasi Y dan Z. Subjek penelitian ini adalah Generasi Y dan Z yang berdomisili di Surabaya (N=150). Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik incidental sampling dan snowball sampling. Pengambilan keputusan diukur dengan skala pengambilan keputusan. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji beda Mann-Whitney U. Hasil analisis menunjukkan nilai sig. sebesar 0,019 (p < 0,05), artinya ada perbedaan pengambilan keputusan pada generasi Y dan Z dalam membeli produk fashion yang menggunakan celebrity endorser. Berdasarkan nilai mean, pengambilan keputusan tertinggi berada pada generasi Y sebesar 83,79 diikuti kelompok generasi Z sebesar 67,21.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Effendy, Nurlaila NIDN0702026606 laila@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Pengambilan keputusan, fashion, generasi, celebrity endorser. |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Levina Marva Gunawan |
Date Deposited: | 17 Jan 2021 11:16 |
Last Modified: | 17 Jan 2021 11:16 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23923 |
Actions (login required)
View Item |