Objektivitas pemberitaan konflik China-Indonesia di laut Natuna pada portal berita online kompas.com, detik.com, liputan6.com

Putri, Yunita Eka (2021) Objektivitas pemberitaan konflik China-Indonesia di laut Natuna pada portal berita online kompas.com, detik.com, liputan6.com. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Konflik yang terjadi antara China dan Indonesia di laut Natuna telah terjadi sejak 2016, dan pada akhir 2019 tepatnya 30 Desember 2019 dan 12 September 2020 kapal China kembali memasuki wilayah perairan Natuna. Pada peristiwa ini menjadi tertarik diteliti terutama dalam pemberitaannya dalam portal berita online. Hal ini dikarenakan dalam konflik Natuna ini melibatkan hubungan bilateral antara dua negara yaitu China dan Indonesia, maka sebagai portal berita online Indonesia penulis ingin melihat keobjektivitasan ketiga portal berita online tersebut. Hal ini didasari pula dengan melihat adanya peran pers dalam memberikan ruang kepada pemerintah untuk melaksanakan tujuan dan kepentingan-kepentingannya, karena dalam konflik Natuna ini masyarakat akan menyoroti kinerja pemerintah dalam menanganinya. Maka saat ini pula, menjaga dukungan yang diberikan oleh masyarakat. Teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Pemberitaan, Objektifitas Pemberitaan, Unsur Layak Berita, Berita Politik, Media Online, Analisis Isi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa tiga portal berita online yakni Detik.com, Kompas.com, Liputan6.com objektif dalam memberitakan konflik China dan Indonesia di laut Natuna. Liputan6.com adalah portal berita online dengan objektivitas tertinggi. Dalam berita yang diunggah Liputan6.com juga terdapat indikator tertinggi yakni pada indikator Fakta sosiologis, Akurasi, Significance, Prominence, Magnitude, Timeliness, Proximity Geografis, Proximity Psikografis, Pencampuran opini, Kesesuaian judul, dan Dramatisasi. Sedangkan Detik.com adalah portal berita online dengan objektivitas terendah. Dalam berita yang terdapat pada Detik.com ditemukan indikator terendah terdapat pada indikator fakta Psikologis, Magnitude, Pencampuran opini, dan Nilai Imbang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
gita@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0630077303
yulinugraheni@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Objektivitas, China dan Indonesia, laut natuna, portal berita online.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 9327 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:09
Last Modified: 05 Feb 2021 01:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24123

Actions (login required)

View Item View Item