Analisis Komparatif Pesan Promosi dalam Akun Instagram @Alfamart dan @Indomaret

Marshelina, Vinia Febrianita (2021) Analisis Komparatif Pesan Promosi dalam Akun Instagram @Alfamart dan @Indomaret. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (781kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pesan dalam kegiatan promosi merupakan suatu hal yang penting untuk membangun makna antara sebuah perusahaan dengan khalayaknya. Promosi saat ini banyak dilakukan melalui media sosial karena kemajuan teknologi yang ada. Kegiatan promosi melalui media sosial ini juga dilakukan oleh dua perusahaan ritel besar di Indonesia yang dikenal head to head yaitu Alfamart dan Indomaret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan isi pesan promosi yang dilakukan oleh dua perusahaan ritel tersebut melalui unggahan yang ada pada masing-masing akun instagram keduanya, yaitu @alfamart dan @indomaret. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan mengacu pada beberapa indikator seperti Offering Mix, . Appeal Mix, Multimedia Mix, Content Type, Order of Presentation : Climax dan Anti-Climax, Recency, dan Drawing a Conclusion. Melalui perbandingan tersebut dapat terlihat bahwa Alfamart dan Indomaret sama-sama cenderung menonjolkan unggahan dengan Appeal Mix dalam hal Pesan Non-Verbal. Dari segi struktur pesan Alfamart lebih cenderung menggunakan struktur pesan One-Sided sedangkan Indomaret cenderung menggunakan Two-sided dalam unggahan berupa caption yang dimiliki. Pada bagian penyajian pesan Alfamart dan Indomaret memiliki kecenderungan yang sama yaitu menggunakan Anti-Climax. Lalu, untuk penarikan kesimpulan sendiri, Alfamart dan Indomaret juga sama-sama menggunakan penarikan kesimpulan oleh khalayak secara Eksplisit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0630077303
yulinugraheni@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
gita@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, Pesan promosi, Alfamart, Indomaret
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 9249 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2021 05:50
Last Modified: 22 Jan 2021 05:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24175

Actions (login required)

View Item View Item