Pengaruh market condition, inflasi, dan exchange rate terhadap terjadinya underpricing saat perusahaan IPO di BEI

Kirana, Pramesti Widya (2020) Pengaruh market condition, inflasi, dan exchange rate terhadap terjadinya underpricing saat perusahaan IPO di BEI. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (830kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki ukuran ekonomi yang besar dengan pertumbuhan perekonomiannya ditopang oleh permintaan domestik yang didukung oleh investasi yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa investasi di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi para investor. Para investor yang berinvestasi di Indonesia dapat menggerakan roda perekonomian dan memberi dampak yang positif terhadap ekosistem pasar modal. Perusahaan di Indonesia yang akan go public membagikan sebagian sahamnya di pasar perdana melalui proses Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ada beragam motif perusahaan dalam melakukan IPO namun fenomena yang selalu terjadi setiap perusahaan melakukan IPO adalah terjadinya underpricing. Underpricing adalah kondisi harga saham yang ditawarkan di pasar perdana lebih rendah daripada harga penutupan pada hari pertama perdagangan di pasar sekunder. Kondisi ini berdampak pada perusahaan tidak dapat mengumpulkan dana secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal perusahaan, yaitu market condition, inflasi, dan exchange rate terhadap terjadinya underpricing. Penelitian ini menambahkan variabel kontrol dari sisi internal perusahaan, yaitu ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage dan reputasi underwriter. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan IPO pada periode Januari 2015 – April 2020. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu memiliki sampel berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah variabel inflasi memiliki pengaruh negatif underpricing sedangkan market condition dan exchange rate tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sunarjanto, Nekhasius Agus
NIDN0014126703
sunarjanto@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Amrullah, Andi Anugerah
NIDN0730129101
andi_anugerah@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Underpricing, market condition, inflasi, exchange rate
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Pramesti Widya Kirana
Date Deposited: 22 Jan 2021 05:04
Last Modified: 09 Feb 2021 04:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24314

Actions (login required)

View Item View Item