Penggambaran maskulinitas pada perempuan dalam iklan Go-Pay “Rumah Pevita Diserang Orang Gak Dikenal!”

Gunawan, Jose Andresen (2021) Penggambaran maskulinitas pada perempuan dalam iklan Go-Pay “Rumah Pevita Diserang Orang Gak Dikenal!”. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (845kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (641kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Peneliti ingin melihat penggambaran maskulinitas pada perempuan dalam iklan Go-Pay “Rumah Pevita Diserang Orang Gak Dikenal!”. Video iklan yang diperankan oleh Pevita ini sangat menarik. Dimana video iklan ini menampilkan sosok perempuan yaitu Pevita, ditampilkan berbeda dengan apa yang digambarkan oleh media massa selama ini. Pevita ditampilkan dengan memiliki sifat maskulin yang biasanya dimiliki oleh laki-laki. Maskulinitas sendiri merupakan sebuah konstruksi sosial, maskulinitas juga merupakan suatu nilai yang berkembang dalam suatu budaya dan menjadi kedekatan hubungan dari sifat-sifat tertentu. Maskulinitas yang ada pada iklan ini berfokus pada kekuatan fisik yang dimiliki perempuan. Teknik pengumpulan data sendiri diambil dengan cara observasi dokumentasi berupa potongan scene yang berkaitan dengan rumusan masalah. Serta studi literatur untuk membantu peneliti merumuskan masalah. Sedangkan untuk metode peneliti menggunakan metode Charles Sanders Peirce yang menggunakan analisis triangle Peirce dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa maskulinitas pada perempuan terkhusus dari segi kekuatan fisiknya tidak dapat dilihat dari penampilan fisik, namun bisa dilihat dari kemampuannya melindungi diri dan sifat pemberani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
nyasonya657@yahoo.com
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0715108903
yulinugraheni@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Maskulinitas, kekuatan fisik, semiotik, iklan.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 9362 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2021 11:47
Last Modified: 02 Feb 2021 11:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24403

Actions (login required)

View Item View Item