Analisis dan perancangan prosedur standar siklus pembelian persediaan non-bahan baku pada perusahaan tekstil (Studi kasus pada PT. PMT)

Jennisa, Jennisa (2020) Analisis dan perancangan prosedur standar siklus pembelian persediaan non-bahan baku pada perusahaan tekstil (Studi kasus pada PT. PMT). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (957kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)

Abstract

PT. PMT merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang tekstil. PT. PMT telah menerapkan POS sejak tahun 2017 dan saat ini PT. PMT hendak mengurus sertifikasi ISO sehingga perusahaan perlu mengevaluasi kembali POS-nya. Tujuan penelitian adalah menganalisis POS serta memberikan saran untuk mengatasi permasalahan yang ada terkait POS pembelian persediaan Non-Bahan Baku (NBB) dalam rangka meningkatkan pengendalian internal perusahaan, dan juga mengevaluasi dan memperbarui POS siklus pembelian persediaan NBB berdasarkan kondisi perusahaan sekarang. Permasalahannya adalah tidak adanya dokumen untuk mendaftarkan vendor baru ke database, tidak dilakukannya pengecekan jumlah persediaan sebelum melakukan pembelian, tidak terdapat POS penerimaan barang NBB, tidak adanya dokumen untuk retur, dan tidak sesuainya POS yang ada dengan kondisi perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan data kualitatif. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kondisi terbaru, kemudian mengevaluasi aktivitas pengendalian, dokumen, prosedur, dan job description. Hasil dari penelitian yaitu rancangan dokumen formulir vendor sebagai dasar memasukkan vendor baru ke database, menambahkan aktivitas pengecekan jumlah persediaan sebelum dilakukannya pembelian, ditemukannya prosedur penerimaan barang yang sebelumnya tidak ada pada tahun 2017, merancangkan dokumen retur barang untuk mendukung proses retur barang agar pencatatan persediaan dan saldo utang vendor lebih akurat, serta menyesuaikan POS perusahaan yang ada dengan kondisi terbaru dan merancangkan kembali POS dengan menambahkan dokumen yang diusulkan. Penelitian ini akan melaporkan hingga proses penyusunan POS. Proses implementasi POS dan evaluasinya dilaksanakan oleh perusahaan. Untuk kepentingan ISO, diharapkan perusahaan melakukan evaluasi secara berkala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prosedur operasional standar, aktivitas pengendalian, siklus pembelian persediaan non-bahan baku
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Jennisa Jennisa
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:22
Last Modified: 29 Jan 2021 03:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24422

Actions (login required)

View Item View Item