Pengaruh beban pajak, profitabilitas dan tunneling incentive terhadap transfer pricing pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019

Mala, Merniyati Kurnia (2021) Pengaruh beban pajak, profitabilitas dan tunneling incentive terhadap transfer pricing pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)

Abstract

Transfer pricing merupakan penentuan harga transfer atas transaksi yang dilakukan dengan pihak afiliasi. Transaksi transfer pricing merupakan transaksi yang legal, selain untuk kepentingan pajak transaksi ini juga dilakukan dengan tujuan strategi bisnis perusahaan. Umumnya perusahaan melakukan transfer pricing dengan tujuan untuk meminimalkan pajak perusahaan. Perusahaan dengan tingkat laba (profitabilitas) yang tinggi akan mengoptimalkan laba yang dimiliki dengan cara melakukan transfer pricing. Tunneling incentive yang dinyatakan dengan kepemilikan saham pengendali 20% atau lebih akan mempengaruhi manajemen dalam melakukan transfer pricing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh beban pajak, profitabilitas dan tunneling incentive terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Variabel independen dalam penelitian ini adalah beban pajak, profitabilitas dan tunneling incentive. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 60 perusahaan yang dpilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang didapat dari website Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap transfer pricing sedangkan beban pajak dan tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap transfer pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahardjo, Hartono
NIDN8885560018
hartono-r@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Transfer pricing, beban pajak, profitabilitas dan tunneling incentive
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Merniyati Kurnia Mala
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:54
Last Modified: 26 Jan 2021 07:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24515

Actions (login required)

View Item View Item