Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan emisi karbon pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2016-2019

Tariska, Velina (2020) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan emisi karbon pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2016-2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Adanya revolusi industri membuat industri di dunia berkembang secara signifikan. Akan tetapi, muncul dampak negatif dari perkembangan industri tersebut yaitu pemanasan global yang diikuti dengan perubahan iklim. Salah satu penyebab dari perubahan iklim yang terjadi saat ini adalah pembuangan emisi karbon dari aktivitas operasi perusahaan. Upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan adanya himbauan oleh pemerintah kepada perusahaan untuk melakukan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Salah satu tanggung jawab lingkungan yang berhubungan erat dengan fenomena ini adalah pengungkapan emisi karbon. Banyak faktor yang mungkin berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tipe industri, kinerja lingkungan, media exposure, dan reputasi KAP terhadap pengungkapan emisi karbon. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2016-2019. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe industri dan kinerja lingkungan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan emisi karbon, sedangkan media exposure dan reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorFebrina, PatriciaNIDN0711028601UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan emisi karbon, tipe industri, kinerja lingkungan, media exposure, reputasi KAP
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Velina Tariska
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:07
Last Modified: 28 Jan 2021 07:07
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/24557

Actions (login required)

View Item View Item