Pengaruh dewan komisaris independen, dewan komisaris perempuan, kepemilikan saham terkonsentrasi, dan tipe industri terhadap pengungkapan sustainability report

Christabel, Stacey (2020) Pengaruh dewan komisaris independen, dewan komisaris perempuan, kepemilikan saham terkonsentrasi, dan tipe industri terhadap pengungkapan sustainability report. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4_Vanessa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)

Abstract

Setiap perusahaan bertanggung jawab untuk mengungkapkan informasi kepada stakeholder. Stakeholder membutuhkan informasi perusahaan untuk menentukan pengambilan keputusan yang tepat. Pengungkapan informasi perusahaan tersebut berupa informasi keuangan dan non keuangan. Informasi keuangan berisi tentang kinerja keuangan sedangkan informasi non keuangan menggambarkan proses tata kelola perusahaan apakah telah berjalan dengan baik atau tidak untuk mengetahui kinerja perusahaan pada masa mendatang. Kondisi tersebut menyebabkan stakeholder tertarik terhadap informasi non keuangan yang diungkapkan oleh perusahaan. Salah satu bentuk pelaporan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengungkapkan informasi non keuangan adalah melalui pengungkapan sustainability report. Sustainability report merupakan pelaporan terkait dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi serta kontribusi yang diberikan oleh perusahaan bagi sustainability development goals baik secara positif maupun negatif atas kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh dewan komisaris independen, dewan komisaris perempuan, kepemilikan saham terkonsentrasi, dan tipe industri terhadap pengungkapan sustainability report. Objek penelitian adalah perusahaan sektor non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris independen, dewan komisaris perempuan, kepemilikan saham terkonsentrasi, profitabilitas, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report sedangkan, tipe industri berpengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Febrina, Patricia
NIDN0711028601
patricia@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Dewan komisaris independen, dewan komisaris perempuan, kepemilikan saham terkonsentrasi, tipe industri, sustainability report.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Stacey Christabel
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:35
Last Modified: 29 Jan 2021 02:35
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24561

Actions (login required)

View Item View Item