Pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR), profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap keinformatifan laba (ERC) pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di BEI pada tahun 2016 - 2019

Lie, Kalvin (2020) Pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR), profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap keinformatifan laba (ERC) pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di BEI pada tahun 2016 - 2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan atau laporan finansial adalah wujud tanggung jawab pihak tata kelola perusahaan perihal kegiatan bisnis pada publik yang disampaikan melalui informasi finansial. Dalam pelaporan finansial terdapat berrbagai macam informasi yang dibutuhkan pengguna selaku dasar dari estimasi untuk mengambil ketetapan ekonomi, salah satunya informasi laba. Tetapi, laba mempunyai batasan yang terjadi karena anggapan terkait kalkulasi serta potensi pemalsuan yang dilaksanakan oleh manajemen perusahaan sehingga membutuhkan informasi lainnya di luar laba guna menentukan pengembalian (return) saham perusahaan yang meliputi respons laba (Earning Response Coefficient). Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap keinformatifan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 sampai 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan sumber datanya yaitu data sekunder, sumber data di dapat dari laporan keuangan tahunan yang diaudit. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 64 observasi pada 16 perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 23.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinformatifan laba, sedangkan profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap keinformatifan laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahayu, Mudjilah
NIDN0718085905
rahayu@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Surjaatmaja, Lukas
NIDN0719109301
lukas_atmaja@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, keinformatifan laba.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Kalvin Lie
Date Deposited: 30 Jan 2021 05:23
Last Modified: 03 Feb 2021 01:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24581

Actions (login required)

View Item View Item