Goenawan, Leonardo (2021) Pengaruh beban pajak, tunneling incentive, profitabilitas dan leverage terhadap keputusan transfer pricing perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (414kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (30kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (24kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
Abstract
Transfer pricing merupakan upaya penetapan harga transaksi dengan pihak yang memiliki hubungan istimewa. Hal ini dapat dilakukan di negara yang sama maupun berbeda. Terdapat banyak motivasi yang menyebabkan perusahaan melakukan transfer pricing. Perusahaan melakukan transfer pricing tidak hanya didasarkan pada motivasi perpajakan saja, namun juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing antar perusahaan. Fenomena transfer pricing yang terjadi di perusahaan makanan dan minuman dapat terjadi melalui transaksi penjualan dan pembelian. Hubungan afiliasi yang dapat terjadi yaitu melalui transaksi dalam suatu grup perusahaan dan dengan berbagai pihak berelasi. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel-variabel yang dapat berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah beban pajak, tunneling incentive, profitabilitas, dan leverage. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling . Total sampel dalam penelitian ini adalah 64 yang telah memenuhi kriteria dalam pemilihan sampel. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel beban pajak, tunneling incentive, dan leverage berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing perusahaan. Hal ini menunjukkan pemegang saham mayoritas memiliki pengaruh yang signifikan dalam suatu perusahaan. Sedangkan variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Akuntansi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Rahardjo, Hartono NIDN0730036601 hartono-r@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Transfer pricing, beban pajak, tunneling incentive, profitabilitas, leverage |
Subjects: | Business > Accounting Business |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Leonardo Goenawan |
Date Deposited: | 30 Jan 2021 02:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2021 02:16 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24597 |
Actions (login required)
View Item |