Catherina, Elisabeth Jovanka (2021) Penggambaran perempuan dalam iklan Olay - berani di segala usia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (232kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Fenomena sosial mengenai perempuan masih banyak dibicarakan di masyarakat. Perempuan seringkali diidentikkan dengan sifat feminim yang melekat, seperti lemah lembut. Perempuan juga banyak dikaitkan dengan peran domestik. Namun, kini sudah mulai banyak perempuan yang berkarir dan berada pada sektor domestik. Stereotipe tentang perempuan tersebut juga salah satunya dibangun oleh media melalui iklan. Iklan banyak menampilkan perempuan berada di sektor domestik dan erat dengan sifat feminim. Namun, sekarang mulai banyak bermunculan iklan yang menampilkan seorang perempuan sebagai perempuan karir yang berada pada sektor publik serta memiliki bersifat maskulin. Perempuan dalam iklan mulai banyak digambarkan memiliki sifat maskulin yaitu perempuan karir yang kuat, mandiri atau independen, dan dapat mengambil keputusan sendiri. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Charles Sanders Pierce untuk melihat tanda berupa ikon, indeks, dan simbol dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perempuan dalam iklan Olay – Berani di Segala Usia digambarkan sebagai perempuan yang memiliki karir, perempuan kuat, perempuan mandiri atau independen, dan perempuan yang dapat mengambil keputusan sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Hartiana, Theresia Intan Putri Hartiana NIDN0725058704 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Penggambaran, iklan, perempuan karir, maskulinitas perempuan, semiotika |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Users 9373 not found. |
Date Deposited: | 24 Jan 2021 03:49 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 02:41 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24672 |
Actions (login required)
View Item |