Sutanto, Silvia (2020) Pengaruh strategi bisnis dan persaingan pasar terhadap manajemen laba. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (322kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada era teknologi yang berkembang saat ini, suatu bisnis pasti dituntut untuk meningkatkan suatu kinerjanya dalam perusahaan. Manajemen akan berupaya penuh supaya target laba tercapai, maka dari itu manajemen bisa melakukan tindakan manajemen laba guna membuat laporan keuangan perusahaan terlihat baik. Dalam teori keagenan dijelaskan bahwa adanya upaya manajemen laba ialah saat adanya asimetri informasi yang terjadi dalam suatu hubungan antar pemilik dan manajemen. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi manajemen laba, yaitu strategi bisnis dan persaingan pasar, strategi bisnis dalam penelitian ini meliputi strategi biaya kepemimpinan dan strategi diferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bisnis dan persaingan pasar terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah strategi biaya kepemimpinan, strategi diferensiasi dan persaingan pasar. Variabel kontrol dalam penelitian ini menggunakan variabel ukuran perusahaan. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 perusahaan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi biaya kepemimpinan, diferensiasi, dan persaingan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Akuntansi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Wijaya, Hendra NIDN0718108506 hendrawijaya@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen laba, strategi biaya kepemimpinan, strategi diferensiasi, persaingan pasar, dan asimetri informasi. |
Subjects: | Business > Accounting Business |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Silvia Sutanto |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 06:22 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 06:24 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24744 |
Actions (login required)
View Item |