Analisa persepsi konsumen terhadap edible packaging berbahan dasar tapioka dan gel lidah buaya sebagai pengemas kaldu instan

Salim, Angela Theresia (2021) Analisa persepsi konsumen terhadap edible packaging berbahan dasar tapioka dan gel lidah buaya sebagai pengemas kaldu instan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Persepsi dapat dilihat sebagai cara seseorang untuk melihat sesuatu. Manusia tidak lepas dari berpersepsi, seperti konsumen mempersepsikan mengenai kemasan, masalah kemasan plastik dan solusinya. Salah satu jenis bahan yang sering digunakan untuk mengemas adalah plastik. Indonesia merupakan negara dengan pencemaran plastik ke laut terbesar kedua di dunia. Salah satu produk pangan yang sering dikonsumsi dan menyumbang sampah plastik adalah kaldu instan. Salah satu solusi untuk menggurangi penggunaan plastik sebagai kemasan kaldu instan adalah dengan menggunakan kemasan jenis edible packaging. Edible packaging adalah lapisan tipis yang terbuat dari bahan yang dapat dikonsumsi dan digunakan sebagai pelapis dari permukaan pangan. Dalam membuat suatu produk diperlukan analisis persepsi dan tingkat kesukaan konsumen. Saat ini, konsumen memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap edible packaging, persepsi tersebut dapat berupa persepsi positif ataupun negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan tingkat kesukaan konsumen terhadap edible packaging berbahan dasar gel lidah buaya dan tepung tapioka sebagai pengemas kaldu instan. Rancangan pada penelitian ini menggunakan metode survei dan uji organoleptik (uji hedonik) dengan menyebarkan kuisioner dalam bentuk google form. Jumlah responden survei sebanyak 209 orang dan panelis yang digunakan sebanyak 123 orang. Responden dan panelis dipilih secara acak. Data akan diolah dalam bentuk grafik deskriptif (observasi). Persepsi konsumen terhadap edible packaging berbahan dasar tapioka dan gel lidah buaya sebagai pengemas kaldu instan adalah produk baru dengan keunggulan dapat mengurangi permasalahan pencemaan lingkungan dan praktis penggunannya, tetapi masih belum banyak beredar dan harganya tidak ekonomis. Sebagian besar konsumen memberikan penilaian suka (skor 6) terhadap warna dan kenampakan edible packaging, serta rasa dari larutan kaldu instan dengan edible packaging.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ristiarini, Susana
NIDN0004066401
ristiarini@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Jati, Ignatius Radix Astadi Praptono
NIDN0719068110
radix@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Persepsi, edible packaging, lidah buaya, tapioka, kaldu instan.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 8953 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2021 04:23
Last Modified: 29 Jan 2021 04:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24770

Actions (login required)

View Item View Item