Sutanto, Tiffany Arista (2021) Persepsi dan tingkat kesukaan konsumen terhadap edible packaging pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (528kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (38kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (143kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
Abstract
Persepsi konsumen merupakan proses ketika konsumen memilih, mengatur, dan menerjemahkan informasi yang diterima supaya dapat menciptakan suatu pandangan yang berarti. Persepsi akan membangun kesadaran konsumen terhadap keberadaan suatu produk dan menciptakan preferensi konsumen terhadap suatu produk. Edible packaging merupakan salah satu teknologi pengemasan yang masih relatif baru, dapat dikonsumsi bersama produk pangan yang dikemas, dan ramah lingkungan. Akan tetapi, konsumen sekarang masih belum terlalu mengetahui tentang edible packaging. Persepsi konsumen akan menentukan apakah produk edible packaging dari bahan umbi-umbian dapat diterima (disukai) atau ditolak konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi dan tingkat kesukaan konsumen terhadap edible packaging yang terbuat dari pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan uji organoleptik menggunakan uji kesukaan (uji hedonik) menggunakan kuesioner online (Google Form) yang disebarkan melalui media sosial. Jumlah responden untuk survei yaitu 145 orang dan uji kesukaan yaitu 162 orang. Responden dan panelis dipilih secara acak. Pengolahan data dilakukan berdasarkan statistik deskriptif. Persepsi konsumen terhadap edible packaging dari pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas L.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam yaitu positif dan disambut baik oleh konsumen (80,7% menyatakan tertarik mencoba menguji edible packaging dari pati umbi-umbian). Sebanyak 35,8%; 46,3%; dan 57,4% panelis berturut-turut memberi nilai 6 (suka) dari skala 1-7 terhadap warna edible packaging, kenampakan produk yang dikemas, dan rasa kaldu yang dilarutkan bersama edible packaging dari pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Teknologi Pangan |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Ristiarini, Susana NIDN0004066401 ristiarini@ukwms.ac.id Thesis advisor Jati, Ignasius Radix Astadi Praptono NIDN0719068110 radix@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, tingkat kesukaan, edible packaging, pati ubi jalar, tapioka |
Subjects: | Agriculture and Food Technology |
Divisions: | Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program |
Depositing User: | Tiffany Arista Sutanto |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 04:04 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 04:04 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24772 |
Actions (login required)
View Item |