Persepsi dan tingkat kesukaan konsumen terhadap edible packaging pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam

Sutanto, Tiffany Arista (2021) Persepsi dan tingkat kesukaan konsumen terhadap edible packaging pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy

Abstract

Persepsi konsumen merupakan proses ketika konsumen memilih, mengatur, dan menerjemahkan informasi yang diterima supaya dapat menciptakan suatu pandangan yang berarti. Persepsi akan membangun kesadaran konsumen terhadap keberadaan suatu produk dan menciptakan preferensi konsumen terhadap suatu produk. Edible packaging merupakan salah satu teknologi pengemasan yang masih relatif baru, dapat dikonsumsi bersama produk pangan yang dikemas, dan ramah lingkungan. Akan tetapi, konsumen sekarang masih belum terlalu mengetahui tentang edible packaging. Persepsi konsumen akan menentukan apakah produk edible packaging dari bahan umbi-umbian dapat diterima (disukai) atau ditolak konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi dan tingkat kesukaan konsumen terhadap edible packaging yang terbuat dari pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan uji organoleptik menggunakan uji kesukaan (uji hedonik) menggunakan kuesioner online (Google Form) yang disebarkan melalui media sosial. Jumlah responden untuk survei yaitu 145 orang dan uji kesukaan yaitu 162 orang. Responden dan panelis dipilih secara acak. Pengolahan data dilakukan berdasarkan statistik deskriptif. Persepsi konsumen terhadap edible packaging dari pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas L.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam yaitu positif dan disambut baik oleh konsumen (80,7% menyatakan tertarik mencoba menguji edible packaging dari pati umbi-umbian). Sebanyak 35,8%; 46,3%; dan 57,4% panelis berturut-turut memberi nilai 6 (suka) dari skala 1-7 terhadap warna edible packaging, kenampakan produk yang dikemas, dan rasa kaldu yang dilarutkan bersama edible packaging dari pati ubi jalar putih (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan tapioka sebagai pengemas bubuk kaldu ayam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ristiarini, Susana
NIDN0004066401
ristiarini@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Jati, Ignasius Radix Astadi Praptono
NIDN0719068110
radix@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Persepsi, tingkat kesukaan, edible packaging, pati ubi jalar, tapioka
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Tiffany Arista Sutanto
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:04
Last Modified: 01 Feb 2021 04:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24772

Actions (login required)

View Item View Item