Penerimaan fans K-pop atas pesan laki-laki metroseksual dalam iklan Banila Co di Instagram

Woeryadi, Anastasia Pericilia (2021) Penerimaan fans K-pop atas pesan laki-laki metroseksual dalam iklan Banila Co di Instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 + DAPUS.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah penerimaan fans K-pop atas pesan laki-laki metroseksual dalam iklan Banila Co. Iklan memiliki kekuatan untuk menciptakan budaya baru, Banila Co menampilkan iklan dengan model laki-laki yang membawa atribusi cantik dan feminim. Dengan menggunakan metode reception analysis dimana peneliti membiarkan fans K-pop secara aktif memaknai sebuah teks media melalui interpretasinya berdasarkan frame of reference dan field of experience. Penelitian ini menggunakan paradigma encoding-decoding, metode wawancara in-depth interview, serta menggolongkan hasil penerimaan informan nantinya ke dalam tiga kategori posisi yang dikemukakan oleh Stuart Hall, yakni : dominant-hegemonic code, negotiated code, dan oppositional code. Dalam pembahasan yang pertama peneliti fokus untuk mengetahui pemahaman informan mengenai laki-laki maskulin. Pembahasan yang kedua, membahas mengenai penerimaan informan atas pesan laki-laki cantik dilihat dari makeup, gesture, dan iklan. Dalam pembahasan ini peneliti menarik kesimpulan bahwa informan lebih cenderung berada di posisi dominant-hegemonic code, yang artinya informan atau penonton menerima pesan laki-laki metroseksual yang disampaikan dalam iklan Banila Co.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
nangkris1@gmail.com
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
finsensius@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Analisis resepsi, metroseksual, fans K-pop, iklan
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 9196 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 03:23
Last Modified: 27 Jan 2021 03:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24843

Actions (login required)

View Item View Item