Google search index sebagai moderasi pengaruh informasi prospektus terhadap initial return saham IPO

Saputra, Nathania Adeline (2021) Google search index sebagai moderasi pengaruh informasi prospektus terhadap initial return saham IPO. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh google search index dalam memoderasi pengaruh informasi prospektus terhadap initial return saham IPO. Kemajuan teknologi yang pesat pada zaman ini, peningkatan jumlah investor, serta jumlah perusahaan go public menjadi dasar pengambilan judul tersebut. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan sampel yang digunakan sebanyak 157 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di BEI selama periode 2016 – 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan alat statistik Eviews. Penelitian ini membuktikan bahwa dari 16 hipotesis, terdapat 3 hipotesis yang diterima yaitu ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap initial return IPO, interaksi google search index dengan financial leverage memperkuat pengaruh financial leverage terhadap intial retun, interaksi google search index dengan tipe perusahaan memperkuat pengaruh tipe perusahaan terhadap intial return, sedangkan pada 13 hipotesis yang lain pada penelitian ini ditolak. Saran praktis bagi para investor, yaitu dengan mempertimbangkan dan mencari informasi mengenai emiten terkait untuk mengetahui bagaimana kinerja dan respon pasar terhadap emiten tersebut, sehingga investor dapat menjadikan informasi yang tersedia di Google untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi. Bagi para emiten, yaitu emiten dapat menggunakan media internet sebagai sarana untuk mempublikasikan informasi yang dapat menarik minat dan perhatian investor untuk membeli saham perusahaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Gunawan, Erick Teofilus
NIDN0711029501
erna-s@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Susilawati, Cicilia Erna
NIDN0327037303
erick@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Informasi keuangan, informasi non-keuangan, google search index, initial return IPO
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Nathania adeline saputra
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:46
Last Modified: 09 Feb 2021 03:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24864

Actions (login required)

View Item View Item