Studi kasus kepercayaan diri remaja tunanetra

Christiana, . (2005) Studi kasus kepercayaan diri remaja tunanetra. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Setiap remaja menginginkan adanya kesempurnaan dalam dirinya. Namun kenyataannya ada remaja yang dilahirkan dengan kecacatan dalam penglihatannya (tunanetra). Kecacatan yang dialami pada remaja tunanetra dapat mempengaruhi kepercayaan diri remaja tersebut. Peneliti menemukan suatu fenomena adanya remaja tunanetra yang memiliki kepercayaan diri yang positif. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai kepercayaan diri pada remaja tunanetra. Peneliti ingin mengungkap mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri pada remaja tunanetra dan dampak kepercayaan diri yang dimiliki oleh remaja tunanetra terhadap kemampuan melakukan interaksi sosial. Dalam penelitian ini, menggunakan teori yang menyangkut kepercayaan diri, remaja secara umum, dan teori tunanetra secara khusus. Untuk menjabarkan teori tersebut dengan jelas, maka metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga orang remaja tunanetra yang berusia antara 12-15 tahun dan berstatus pelajar SMPLB-A Surabaya. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menampilkan adanya gambaran mengenai proses terbentuknya kepercayaan diri pada remaja tunanetra, faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kepercayaan diri pada remaja tunanetra, dan dampak kepercayaan diri yang dimiliki oleh remaja tunanetra terhadap kemampuan melakukan interaksi sosial. Pembahasan dilakukan kasus per kasus. Dari bahasan yang dilakukan, ditemukan bahwa dukungan sosial memiliki peran cukup besar dalam pembentukan kepercayaan diri remaja tunanetra. Selain itu, juga ditemukan adanya faktor lain yang dapat mempengaruhi terbentuknya kepercayaan diri pada remaja tunanetra, yaitu karakteristik subjek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2016 06:54
Last Modified: 31 Oct 2016 06:54
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item