Persepsi anak muda terhadap merek telepon seluler Nokia

Tjahjo, Stefan Kurniawan (2005) Persepsi anak muda terhadap merek telepon seluler Nokia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Merek telepon seluler Nokia merupakan merek telepon seluler yang menarik untuk diteliti, karena telah mampu membangun citra merek yang kuat pada pangsa pasar anak muda, yang merupakan pangsa pasar yang sangat menjanjikan saat ini dan hal itu membuatnya mampu memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam terhadap persepsi anak muda terhadap merek telepon seluler Nokia dan melibatkan empat orang mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Widya Mandala Surabaya angkatan 2002 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan dalam pengambilan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam dan teknik proyektif personifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa data diri subjek dan keluarga, latar belakang, orang yang berpengaruh dalam keputusan pembelian, motivasi, harapan, manfaat fungsional, manfaat emosional dan manfaat ekspresi diri yang dirasakan subjek terhadap merek telepon seluler Nokia. Pembahasan data penelitian dilakukan secara persubjek, dan digambarkan bahwa persepsi konsumen terhadap merek produk melalui suatu dinamika yang kompleks. Kesimpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa seluruh subjek memiliki motivasi emosional yang dominan mempengaruhi persepsi dan keputusan pembelian subjek. Motivasi dan manfaat emosional subjek tidak mempengaruhi keterlibatan emosional dan timbulnya manfaat ekspresi diri pada subjek. Persepsi positif subjek terhadap merek produk tidak selalu mempengaruhi preferensi subjek membeli produk dengan merek tersebut di masa yang akan datang, dan persepsi orang terdekat akan mempengaruhi persepsi dan perilaku pembelian subjek. Kemudahan dalam penggunaan merupakan manfaat menonjol yang dirasakan sebagian besar subjek, hal itu menggambarkan bahwa kebutuhan akan rasa nyaman merupakan kebutuhan yang penting artinya bagi subjek. Saat ini bagi seluruh subjek penelitian, teman merupakan orang yang paling berpengaruh dalam memberikan pertimbangan terhadap keputusan pembelian Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian, adalah bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian dengan topik persepsi konsumen terhadap merek produk hendaknya menambahkan aspek persepsi subjek terhadap merek kompetitor untuk memperdalam informasi yang didapatkan. Bagi produsen telepon seluler, disarankan untuk melakukan penelitian secara lebih luas dan lebih mendalam terhadap motivasi emosional konsumennya khususnya anak muda sebagai pangsa pasar yang menjanjikan, sehingga mampu menciptakan dan mengkomunikasikan produknya sesuai dengan kebutuhan emosional konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2015 12:21
Last Modified: 11 Jun 2015 12:21
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2500

Actions (login required)

View Item View Item