Pengembangan lembar kerja peserta didik model problem based learning pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat untuk meningkatkan hasil belajar di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya

Arfansi, Adrianus Ivon Dayo (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik model problem based learning pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat untuk meningkatkan hasil belajar di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-DesignDevelopment-Implement-Evaluation). Selain Lembar Kerja Peserta Didik, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Rencana Evaluasi yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasi validasi yang dilakukan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berkategori sangat baik dengan skor 3,56, sedangkan Lembar Kerja Peserta Didik dan Rencana Evaluasi berkategori baik dengan skor masing-masing yaitu 3,18 dan 3,27 (skor maksimal: 4.00).Pengujian dilakukan di SMA17 Agustus 1945 Surabaya. Hasil keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memperoleh skor 3,57 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,69 dengan kategori “Sedang” dan respon peserta didik adalah 3,20 dengan kategori “Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA 17 Agustus 1945 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Untung, G. Budijanto
NIDN0716105401
ubudijanto@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik, problem based leraning, hasil belajar, kalor dan perubahan wujud zat.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 9619 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:38
Last Modified: 01 Feb 2021 07:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25055

Actions (login required)

View Item View Item