Pengembangan lembar kerja peserta didik model pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan karakteristik cahaya dan indra penglihatan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Sarlina, Wirmita (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik model pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan karakteristik cahaya dan indra penglihatan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pendukung perangkat pembelajaran selain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelakaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang sudah divalidasi oleh para ahli. Penelitian ini menggunakan model penelitian penggembangan ADDIE ( Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi perangkat pembelajaran dari ahli, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Rencana Evaluasi (RE) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dikategorikan “baik” dengan skor masing-masing 3,31, 3,06 dan 3,06. Perangkat ini telah diuji cobakan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dimana mahasiswa pendidikan fisika berpartisipasi dalam pengujian lapangan secara daring dan memperoleh hasil rata-rata keterlaksanaan Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) 2,17 dengan kategori keterlaksaan “kurang”. Untuk peningkatan hasil belajar peserta didik N-Gain sebesar 0,5 dengan kategori “sedang”. Peserta didik melakukan pre-test dan post-test diawal dan diakhir proses pembelajaran secara online. LKPD yang dibuat memperoleh respon dari peserta didik dengan skor 3,2 dengan kategori “baik". Hasil uji coba lapangan menunjukan LKPD dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran fisika materi cahaya dan cermin dengan model pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Koswojo, Jane
NIDN0724079104
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik (LKPD), inkuiri, cahaya dan cermin, peningkatan hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 9637 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:00
Last Modified: 03 Feb 2021 06:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25114

Actions (login required)

View Item View Item