Pengaruh minyak trigliserida rantai sedang (MCT) dan kafein dalam menurunkan berat badan dan asupan makan tikus wistar penderita obesitas

Takanjanji, Umbu Iwan (2020) Pengaruh minyak trigliserida rantai sedang (MCT) dan kafein dalam menurunkan berat badan dan asupan makan tikus wistar penderita obesitas. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Data WHO dari tahun 1975 sampai tahun 2016 menunjukkan bahwa prevalensi penyakit obesitas di seluruh dunia semakin meningkat setiap tahunnya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh MCT dan Kafein dalam mengendalikan asupan makan dan menurunkan berat badan tikus obesitas. Pencarian jurnal sebagai sampel untuk studi literatur dilakukan dengan pencarian jurnal berbasis data yaitu pubmed dan dilakukan dengan pencarian melalui sumber lain dengan menggunakan google scholar. Hasil pencarian jurnal yang didapatkan yaitu jurnal kafein sebanyak 301 jurnal dan jurnal MCT sebanyak 565 jurnal. Setelah dicocokan dengan kriteria inklusi dan eksklusi jurnal kafein yang dipakai untuk studi literatur sebanyak 9 jurnal dan MCT 7 jurnal. Dari studi literatur di dapatkan bahwa efek kafein meningkatkan pemecahan lemak adalah melalui aktivasi dari AMPK dan efek MCT dalam menurunkan berat badan adalah melalui peningkatan oksidasi asam lemak di liver, peningkatan reduksi badan keton sebagai penekan nafsu makan sekaligus molekul sinyal yang dapat menekan pusat lapar di hipotalamus, sehingga massa lemak berkurang dan terjadi penurunan berat badan. Efek kafein terhadap asupan makan yaitu menurunkan kadar leptin, kadar leptin yang menurun dapat memberikan efek rasa kenyang dan efek MCT terhadap asupan makan yaitu menekan hormon ghrelin, dimana hormon ghrelin adalah satu-satunya hormon nafsu makan yang dikenal untuk merangsang rasa lapar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa MCT dan kafein dapat menurunkan berat badan dan asupan makan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorEka Pramyrtha H., .NIDN0016036406ekamirta@gmail.com
Thesis advisorWijaya, HendyNIDN0730078304hendy_wijaya@gmail.com
Uncontrolled Keywords: MCT, kafein, berat badan, asupan makan, obesitas
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Umbu Iwan Takanjanji
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:00
Last Modified: 16 Feb 2021 04:00
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item