Perbedaan tingkat pemahaman anak tentang firman Tuhan ditinjau dari metode pembelajaran di sekolah minggu

Trinolia, Melisa (2014) Perbedaan tingkat pemahaman anak tentang firman Tuhan ditinjau dari metode pembelajaran di sekolah minggu. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tempat ibadah merupakan salah satu wadah dimana orang-orang berkumpul untuk menyembah Tuhan yang mereka percayai. Bukan hanya orang dewasa saja yang melaksanakan ibadah, tetapi ada perkumpulan ibadah yang khusus untuk anak kecil yaitu sekolah minggu. Tujuan dari sekolah minggu adalah untuk mendidik dan mengenalkan Tuhan kepada anak-anak sejak dini, sehingga ketika mereka beranjak dewasa ada pelajaran dasar yang mereka miliki tentang firman Tuhan. Firman Tuhan menjadi salah satu tujuan utama dalam sekolah minggu untuk mengenalkan cerita-cerita yang terdapat di Alkitab. Dalam penyampaian firman Tuhan, guru sekolah minggu memerlukan metode pembelajaran dalam mengajar sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat pemahaman anak tentang Firman Tuhan ditinjau dari metode pembelajaran di sekolah minggu. Subjek penelitian (N=60) terdiri atas 30 anak usia dini di sekolah minggu A yang menggunakan metode teacher-centered dan 30 anak usia dini di sekolah minggu B yang menggunakan metode pembelajaran student- centered. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Tes Prestasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik non-parametrik U Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan koefisien z-score (z) sebesar -6,515 dengan p=0,001 (p<0,05) yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tingkat pemahaman anak tentang firman Tuhan ditinjau dari metode pembelajaran di sekolah minggu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pemahaman anak, Firman Tuhan, Metode Pembelajaran, Sekolah Minggu.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 11:16
Last Modified: 28 May 2015 11:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item