Keterampilan pengasuh membimbing anak di tempat penitipan anak ditinjau dari kebutuhan nurturance

Rahayu, Iin Sri (2010) Keterampilan pengasuh membimbing anak di tempat penitipan anak ditinjau dari kebutuhan nurturance. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya jaman, semakin banyak pula tuntutan yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Salah satunya adalah tuntutan ekonomi sebagai akibat dari biaya hidup yang semakin meninggi. Hal ini menyebabkan para ibu juga turut bekerja sehingga menyebabkan anak-anak tinggal di rumah bersama pengasuh atau kerabat mereka. Oleh karena itu banyak bermunculan tempat penitipan anak. Anak-anak yang dititipkan di tempat penitipan anak mendapat pembimbingan dalam hal ini yang berperan penting dalam membimbing adalah para pengasuhnya. Cara pengasuh dalam memberikan bimbingan disebut ketrampilan membimbing. Ketrampilan seorang pengasuh dalam membimbing anak-anak akan mempengaruhi perkembangan dan proses pembelajaran anak-anak. Salah satu hal yang berperan bagi seorang pengasuh dalam membimbing anak-anak adalah kebutuhan nurturance mereka atau dengan kata lain adalah kebutuhan untuk menyayangi. Dengan adanya kebutuhan nurturance inilah para pengasuh dapat membimbing anak-anak dengan lebih sabar, lebih tanggap akan kebutuhan anak, dan membuat anak-anak dapat berkembang lebih maksimal. Oleh karena itulah peneliti tertarik untuk meneliti apakah ada hubungan antara kebutuhan nurturance dengan ketrampilan pengasuh membimbing anak di tempat penitipan anak.. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 pengasuh di 4 Tempat Penitipan Anak di Surabaya, yaitu TPA Don Bosco, RPA Taman Hati, TPA YLKK, dan TPA Dr. Soetomo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total population study. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu Skala Ketrampilan Pengasuh Membimbing Anak dan Skala Kebutuhan Nurturance. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi non parametrik Kendall’s Tau b. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,038 dengan sig = 0,775 ( p > 0,05) yang berarti bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebutuhan nurturance dengan ketrampilan pengasuh membimbing anak di Tempat Penitipan Anak. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk penelitian lanjutan adalah melihat variabel lain yang dapat mempengaruhi ketrampilan seorang pengasuh dalam membimbing anak-anak, seperti misalnya motivasi pengasuh ataupun juga lama bekerja seorang pengasuh. Kata kunci: Ketrampilan pengasuh membimbing anak, kebutuhan nurturance, Tempat Penitipan Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan pengasuh membimbing anak, kebutuhan nurturance, Tempat Penitipan Anak.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2014 03:45
Last Modified: 26 Jun 2015 07:26
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item