Pengukuran dan perbaikan kinerja dengan menggunakan metode balanced scorecard di PT. XYZ

Aryadi, Steven Willyanto (2007) Pengukuran dan perbaikan kinerja dengan menggunakan metode balanced scorecard di PT. XYZ. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (B AB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LA MP;IRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Pengukuran kinerja adalah salah satu faktor penting dalam usaha perbaikan kinerja dan menentukan keberhasilan jangka panjang perusahaan. Sejauh ini pengukuran kinerja di PT. XYZ hanya terbatas pada pengukuran finansial saja, yang hanya menitikberatkan pada sisi keuangan dan memiliki kelemahan, yaitu ketidakmampuan mengukur kinerja intangible asset dan Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan. PT. XYZ merupakan perusahaan ekspedisi yang telah berdiri sejak tahun 2001. Saat ini perusahaan menghadapi persaingan yang semakin ketat, dikarenakan banyaknya perusahaan sejenis yang ada. Balanced Scorecard merupakan suatu metode untuk mengukur kinerja organisasi secara iteratif dan menyeluruh dengan memperhatikan berbagai faktor. Dengan Balanced Scorecard kinerja dinilai baik secara finansial maupun secara non finansial sehingga lebih tertuju pada kinerja suatu proses. Pada penelitian ini, juga digunakan analisis SWOT sebagai alat formulasi strategi yang kemudian akan dikaitkan dengan pengukuran Balanced Scorecard Selain itu juga digunakan Analitycai Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot tiap tolok ukur dalam Balanced Scorecard. Dari hasil pengukuran dapal diketahui bahwa kinerja perusahaan dari tahun 2004 -2006 dikategorikan cukup baik. Oleh karena itu, kinerja perusahaan dapat ditingkatkan menjadi kategori sangat baik untuk di masa yang akan datang. Untuk itu, disarankan beberapa usulan perbaikan,yaitu: melakukan proses perbaikan dan evaluasi secara terus-menerus dalam hal kualitas pelayanan jasa, menawarkan pelayanan-pelayanan baru, misalnya: membuka jasa pelayanan pengiriman barang ke daerah yang lain, dan meningkatkan keamanan barang dalam datam proses pengiriman dengan cara pemberian label khusus pada barang yang dikirim dan menempatkan I atau beberapa orang untuk menjaga barang ketika proses pengiriman, baik di dalam kapal ataupun di pelabuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran, kinerja, intangible asset, sumber daya manusia (SDM), balanced scorecard, analitycal hierarchy process (AHP), strategi.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2015 01:40
Last Modified: 25 Jun 2015 01:40
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item View Item