Kusumo, Suyanto Hadi (2006) Strategi bersaing dengan menggunakan segitiga PDB (Positioning, Differentiation, dan Brand) pada produk minyak goreng merek Bimoli. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (134kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Preview |
Text (BAB 7)
Bab 7.pdf Download (110kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (967kB) | Preview |
Abstract
Di era hypercompetition seperti saat ini, banyak sekali munculnya pesaing-pesaing baru yang masuk pada suatu industri tertentu. Akibat persaingan yang ketat ini menuntut perusahaan untuk tidak hanya menitik beratkan pada market share. Tetapi juga pada mind share dan heart share. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan lebih dari sekedar penerapan strategi tetapi harus diimbangi dengan tactic dan value yang tepat. Industri minyak goreng di Indonesia terbagi menjadi 2 bagian besar yaitu minyak goreng bermerek (branded) dan minyak goreng tidak bermerek (curah). Pasar industri minyak goreng bermerek di Indonesia mencapai 40%. Di pasar ini ada 3 pemain dominan yang menguasai pasar yaitu Bimoli, Filma, dan Tropical. " Menurut Kartajaya (2004:26), core strategy sebuah perusahaan mencakup 3 elemen dasar, yaitu: 1. Positioning 2. Diferensiasi 3. Brand Core strategy ini dirumuskan dalam suatu kerangka segitiga yang disebut dengan segitiga PDB (Positioning, Differentiation, dan Brand). Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : Menganalisis pengaruh signifikan varaibel-variabel dalam Segitiga PDB (Positioning-Differentiation-Brand) meliputi : 1. Pengaruh signifikan antara variabel Differentiation terhadap Positioning. 2. Pengaruh signifikan antara variabel Differentiation terhadap Brand. 3. Pengaruh signifikan antara variabel Positioning terhadap Brand. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa model segitiga PDB (Positioning-Differentiation-Brand ) dapat menjelaskan secara optimal pengaruh differentiation untuk membentuk positioning produk, pengaruh differentiation untuk membentuk brand, dan pengaruh positioning untuk membentuk brand. Dapat juga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel differentiation yang dipengaruhi oleh konten, konteks, dan infrastruktur terhadap positioning yang juga dipengaruhi oleh keyakinan dan kepercayaan; variabel differentiation yang dipengaruhi oleh konten, konteks, dan infrastruktur terhadap brand yang juga dipengaruhi oleh brand awareness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty; variabel positioning yang dipengaruhi oleh keyakinan dan kepercayaan terhadap brand yang juga dipengaruhi oleh brand awareness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined] |
Subjects: | Business Business > Strategic Management |
Divisions: | Graduate School > Master Program in Management |
Depositing User: | Sri Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 08:40 |
Last Modified: | 26 Jun 2015 08:40 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2653 |
Actions (login required)
View Item |