Pengembangan algoritma Clarke Wright savings dengan memperhatikan kapasitas kendaraan dan time window

Wibisono, Lukas (2007) Pengembangan algoritma Clarke Wright savings dengan memperhatikan kapasitas kendaraan dan time window. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan salah satu bagian penting dalam supply chain. Oleh karena itu, biaya transportasi sangat mempengaruhi biaya logistik perusahaan. Penurunan biaya transportasi dapat menyebabkan penurunan biaya logistik. Salah satu cara untuk menurunkan biaya transportasi adalah dengan melakukan pengaturan rute. Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan salah satu metode untuk mengatasi permasalahan pengaturan rute armada dalam meminimasi total jarak tempuh. banyak jenis metode VRP yang sudah dikembangkan tetapi sangat terbatas yang dapat diaplikasikan di dunia nyata. Tugas Akhir ini membahas salah satu metode VRP, yaitu Vehicle Routing Problem Clarke Wright Savings (VRPCWS). VRPCWS ini sudah tidak relevan jika diterapkan di dunia nyata. Ada banyak perkembangan sistem transportasi sehingga terdapat permasalahan pengaturan rute yang tidak dapat diselesaikan dengan VRPCWS. Oleh karena itu perlu ada pengembangan yang lebih lanjut sehingga VRPCWS dapat diterapkan di dunia nyata. Algoritrna Clarke-Wright Savings hanya mengakomodasi batasan kapasitas kendaraan. Pengembangan algoritma Clarke-Wright Savings yang dilakukan pada Tugas Akhir ini adalah batasan waktu pengiriman (time windows), jarak yang tidak sama antara keberangkatan dan pulang (asimetry) dan kapasitas armada yang berbeda. Tujuan pengembangan ini adalah untuk dapat mengakomodasi batasan waktu pengiriman (time windows) dengan mempertimbangkan waktu proses loading dan unloading, jarak yang tidak sama antara keberangkatan dan pulang (asimetry), dan kapasitas armada yang berbeda. Setelah pengembangan algoritma, dilakukan pengujian untuk mengetahui rata-rata performansi dari model tersebut. Untuk mendapatkan rata-rata performansi perlu dilakukan replikasi. Rata-rata performansi yang didapatkan adalah 9.40% di bawah optimal. Kemudian dilakukan percobaan untuk mengetahui sifat dari model tersebut. Percobaan dilakukan dengan mengubah data-data yang dibangkitkan, yaitu jumlah customer, jumlah demand, dan jarak antar customer. Jumlah customer dibagi menjadi jumlah customer 5 sampai 10. Jumlah demand dibagi menjadi demand kecil (25-41), demand sedang (42-58) dan demand besar (59-75). Jarak antar customer dibagi menjadi jarak pendek (5-20 km), jarak sedang (21-36 km) dan jarak jauh (37-50). Hasil dari percobaan tersebut adalah semakin sedikit jumlah customer, semakin kecil jumlah demand dan semakin pendek jarak antar customer maka semakin bagus performansi dari model tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2015 01:45
Last Modified: 25 Jun 2015 01:45
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item