Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMA di Surabaya [CD-ROM]

Lalim, Yasinta (2011) Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMA di Surabaya [CD-ROM]. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi, yang berawal dari masa anak-anak menuju masa pendewasaan diri. Pada masa ini, remaja mengalami perkembangan kepribadian yang masih belum terbentuk secara sempurna sehingga belum dapat menguasai diri secara emosi atau dapat dikatakan belum memiliki emosi yang stabil. Pada masa ini minat untuk melakukan relasi dengan orang lain (Santrock 2003:26) sangat besar dan karena waktu yang sering mereka habiskan adalah di sekolah maka dapat dikatakan bahwa teman sebaya mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam penentuan identitas diri. Selain itu teman sebaya juga dapat memberikan pengaruh terhadap proses belajar, dimana teman sebaya dapat memberikan motivasi untuk peningkatan prestasi akademik. Oleh karena itulah, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMA di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini, adalah remaja yang memiliki usia antara 15 – 20 tahun, pada salah satu SMA di Surabaya dan duduk pada kelas antara kelas X-XII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik non random sampling dimana hanya remaja yang memiliki usia antara 15 – 20 tahun dan yang sesuai dengan kriteriapenelitian. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa semua indikator dari variabel dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar telah valid dan reliabel. Data yang digunakan dari kedua variabel tersebut juga berdistribusi normal dan saling berhubungan linear. Dan dari analisis korelasi yang dilakukan dapat disimpulkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial , Motivasi belajar, Teman sebaya.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2014 01:10
Last Modified: 26 Jun 2015 06:47
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item