Motivasi pembelian ulang dan kepuasan konsumen terhadap pelayanan purna jual pada Sepeda Motor Cina

Wijaya, Andiyanto (2006) Motivasi pembelian ulang dan kepuasan konsumen terhadap pelayanan purna jual pada Sepeda Motor Cina. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Pada mulanya pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk atau jasa, namun kemudian terdapat dorongan-dorongan yang turut mempengaruhi keputusan dalam pembelian suatu barang atau jasa. Salah satunya adalah pelayanan purna jual dari suatu produk. Dewasa ini perusahaan yang sanggup meningkatkan pelayanan kepada konsumennya dengan memberikan kepuasan akan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Kepuasan konsumen yang tercapai dapat mendorong motivasi seseorang dalam melakukan pembelian ulang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan kepuasan konsumen terhadap pelayanan purna jual dengan motivasi pembelian ulang. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah dan sedang melakukan atau merasakan pelayanan purna jual di dealer Beijing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 customer. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-random yaitu purposive sampling yaitu cara pengambilan sampel dimana mengambil sampel terhadap konsumen di dealer sesuai dengan karateristik yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik parametrik, yaitu korelasi product moment. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,789 dengan p<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepuasan konsumen terhadap pelayanan purna jual dengan motivasi pembelian ulang. Semakin tinggi kepuasan konsumen terhadap pelayanan purna jual, maka semakin tinggi motivasi konsumen untuk melakukan pembelian ulang, begitupun sebaliknya. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa sebagian besar subjek memiliki kepuasan yang tergolong tinggi (41,3%) dan cukup (26,1%), sedangkan subjek yang memiliki motivasi yang tergolong tinggi (13,0%) dan cukup (30.4%). Hasil penelitian ini mendukung teori yang menyatakan bahwa kepuasan konsumen terkait dengan motivasi pembelian ulang yaitu pengalaman yang menyenangkan di masa lampau akan suatu layanan. Pengalaman yang menyenangkan itulah yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Saran-saran yang dapat diberikan kepada dealer antara lain menyusun program-program peningkatan kepuasan konsumen, salah satunya pelayanan purna jual, dengan demikian motivasi waktu melakukan pembelian ulang dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Motivasi pembelian ulang, kepuasan konsumen, pelayanan purna jual
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 10:19
Last Modified: 23 Jun 2015 10:19
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2725

Actions (login required)

View Item View Item