Model sistem informasi pemasaran yang dapat menghasilkan ketepatan skedul pengiriman untuk efisiensi biaya pengiriman pada PT "D"

Gunawan, Suriani Alam (2008) Model sistem informasi pemasaran yang dapat menghasilkan ketepatan skedul pengiriman untuk efisiensi biaya pengiriman pada PT "D". Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB 6)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text (BAB 7)
Bab 7.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Di dalam arena bisnis, persaingan adalah salah satu hal yang tidak terelakkan. Setiap perusahaan selalu berusaha menemukan keunggulan internal untuk menghadapi perubahan dan perkembangan industri yang cepat. Salah satunya adalah dengan mengembangkan sistem informasi yang dapat mencakup semua operasional perusahaan. Diharapkan sistem informasi dapat membantu para manajer untuk mengontrol, memonitor, mengevaluasi kinerja dan meminta pertanggungjawaban manajer masing-masing divisi. PT 'D' adalah perusahaan distributor keramik lantai dan dinding, yang telah menerapkan Sistem Informasi Pemasaran yang terintegrasi. Sistem informasi ini memungkinkan perusahaan mengintegrasikan data divisi pemasaran dengan divisi lainnya. Dengan demikian, pihak manajemen mampu memantau permasalahan yang timbul dan mengambil tindakan dengan cepat secara efisien dan efektif. Masalah yang timbul adalah "Bagaimana model Sistem Informasi Pemasaran yang dapat menghasilkan ketepatan skedul pengiriman untuk efisiensi biaya pengiriman pada PT 'D'?" Penelitian ini merupakan penelitian naturalis kualitatif yang akan mengeksplorasi Sistem Informasi Pemasaran, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan analisis dokumentasi, yang melibatkan Finance and Accounting Department, Marketing Department, Distribution Department, Information and Technology Department, dan Human Resource and Development Department PT 'D'. Sistem yang digunakan perusahaan telah menggunakan Sistem Informasi Enterprise yang memungkinkan informasi terdistribusi dalam waktu yang sarna. Laporan merupakan salah satu hasil dari subsistem output, yang telah ditransformasikan dari subsistem input melalui database. Studi ini dilakukan untuk membantu perusahaan mengevaluasi Sistem Informasi Pemasaran yang ada guna pengembangan lebih lanjut. Perbaikan yang perlu dilakukan adalah dengan menambahkan skedul pengiriman pada Sistem Informasi Pemasaran untuk efisiensi biaya pengiriman. Penambahan Decision Support System sebagai penunjang user dalam mengambil keputusan atas permasalahan pengiriman yang terjadi. Sinkronisasi data dengan menggunakan Executive Information System memungkinkan data diterjemahkan dalam bentuk gambar, grafik, tabel dan laporan baku. Keberhasilan penerapan sistem informasi tergantung kepada adanya komitmen manajemen yang didukung oleh seluruh pengguna sistem. Di lain pihak, juga perlu dipastikan terdapat sumber daya manusia yang memadai, terlatih, dan terevaluasi secara terus-menerus. Evaluasi yang berkesinambungan dapat meminimalkan penyimpangan penerapan sistem.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi pemasaran, sistem informasi enterprise, sistem pendukung keputusan, sistem informasi executive
Subjects: Business
Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:08
Last Modified: 26 Jun 2015 08:08
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item