Penggunaan marketing information system dengan strategi customer relationship management menggunakan m-commerce dalam rangka peningkatan layanan pelanggan pada PT. Melilea International

Sidarta, Myria Gracia (2010) Penggunaan marketing information system dengan strategi customer relationship management menggunakan m-commerce dalam rangka peningkatan layanan pelanggan pada PT. Melilea International. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Dengan meningkatnya kesadaran orang akan gaya hidup sehat, terjadj pula peningkatan pada permintaan akan suplemen kesehatan serta makanan yang organik. PT. Melilea International adalah sebuah perusahaan dengan sistem distribusi Multi Level Marketing (MLM) yang mendistribusikan makanan organik berlabel Melilea. Seiring perkembangannya, para distributor Melilea terutama yang berlokasi di daerah mengalami kesulitan terutama dalam hal pendaftaran anggota baru, transaksi pemesanan dan pembelanjaan barang, konsultasi penggunaan produk dan analisis jaringan. Hal ini terjadi karena di daerah tersebut masih belum tersedia kantor cabang perusahaan, sedangkan transaksi-transaksi tersebut masih berjalan secara manual. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana desain database DSS pada MKIS untuk mendukung strategi CRM dengan menggunakan m-commerce pada PT. Melilea International dapat menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan untuk menyusun desain database DSS pada MKIS adalah kualitatif dengan menggunakan studi kasus, sedangkan untuk menetapkan bahwa m-commerce dapat menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan digunakan metode triangulasi. Metode triangulasi akan membandingkan proposisi awal dengan hasil observasi pada kompetitor dan Focused Group Discussion (FGD). Data lain yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, ditentukan bahwa transaksi-transaksi yang dibutuhkan oleh distributor dapat diatasi dengan adanya m-commerce dan website. Bahkan kedua alat tersebut dapat menampilkan laporan dan pengumuman yang update bagi para distributor tersebut, dengan penyusunan database MKIS yang terintegrasi, didukung dengan DSS dan Expert system. Hasil analisis juga menetapkan bahwa m-commerce yang disusun ini juga dapat menjadi keunggulan bersaing karena belum ada perusahaan MLM lain yang mengusung konsep m-commerce selengkap ini. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa e-commerce dapat menjawab hambatan geografis yang menjadi masalah bagi para distributor di luar daerah tersebut dan bahkan memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan karena dapat menjawab tantangan mobilitas yang tinggi dengan layanan CRM yang personal dan interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Marketing informations system, customer relationship management, m-commerce, Decision support system, expert system, keunggulan bersaing, Melilea, organic
Subjects: Business
Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:28
Last Modified: 26 Jun 2015 08:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item