Peran knowledge management karyawan dan proses inovasi sebagai upaya mencapai keunggulan kompetitif PT. Panen Tour

Listiani, . (2012) Peran knowledge management karyawan dan proses inovasi sebagai upaya mencapai keunggulan kompetitif PT. Panen Tour. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Knowledge management dan proses inovasi adalah elemen-elemen utama dalam sebuah organisasi maupun sebuah perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif pada era globalisasi. Sebuah organisasi selalu terdiri dari beragam individu, kelompok dan fungsi-fungsi yang memiliki beragam budaya/ latar belakang dan tujuan. Pengetahuan sebagai sebuah asset bersifat melekat pada manusia-manusia. budaya organisasi, rutinitas pekerjaan, sistem-sistem yang ada dan pada proses-proses. Komunikasi adalah sebuah cara yang ampuh bagi sebuah organisasi untuk berbagi tacit knowledge yang terdapat pada masing-masing individu. Oleh karena itu, knowledge management akan mampu membuat sebuah organisasi untuk menyatukan pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki oleh para karyawan sehingga mampu mencapai kemampuan maksimal mereka. Pengetahuan yang terdiri dari dua macam, yaitu tacit knowledge dan explicit knowledge, adalah sebuah kebutuhan yang mendasar dalam mengorganisasikan/ menggali inovasi dan entrepreneurship. Proses untuk mengikat pengetahuan yang berbeda di antara individu-individu yang ada dalam suatu situasi yang kompleks kadangkala memakan waktu yang cukup lama. Sebuah organisasi perlu melakukan fasilitasi, penggabungan dan pemantapan atas serangkaian pengetahuan yang ada sehingga mampu menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru. Entrepreneurship dan inovasi dikatakan sebagai dua cara yang dapat menyumbangkan keunggulan kompetitif bagi suatu perusahaan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui peran dari knowledge management karyawan dan proses inovasi sebagai upaya untuk meraih keunggulan kompetitif PT. Panen Tour. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di mana peneliti memakai teknik wawancara dan membuat daftar kuesioner sebagai alat pendukung pengumpulan data primer. lnterpretasi dari data primer tersebut kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan narrative analysis. Peneliti berupaya untuk mengeksplorasi jawaban-jawaban dari para informan kunci dan melakukan narrative analysis dari setiap pernyataan yang disampaikan. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Budaya organisasi yang terdapat pada PT. Panen Tour adalah adanya sistem keterbukaan dan sikap saling mendukung satu sama lain. Organisasi melalui sistem manajemen yang baru telah melakukan pendekatan komunikasi yang intensif untuk mencapai tujuan akhir seperti yang dilakukan oleh para manager. Persaingan yang terjadi dalam industri biro perjalanan wisata sangatlah ketat sehingga PT. Panen Tour mewajibkan para karyawan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa knowledge management dan proses inovasi telah mulai dikembangkan sebagai upaya meningkatkan daya saing dari PT. Panen Tour.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Knowledge management, proses inovasi, entrepreneurship, strategi inovasi, keunggulan kompetitif.
Subjects: Business
Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:14
Last Modified: 26 Jun 2015 08:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item