Studi kasus pengambilan keputusan pembelian pada pemilik kartu kredit bermasalah

Hardoyono, Rinto (2006) Studi kasus pengambilan keputusan pembelian pada pemilik kartu kredit bermasalah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan pembelian merupakan suatu tindakan yang tidak dapat terlepas dari perilaku konsumen, termasuk pada pemilik kartu kredit. Pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen tidak selalu bersifat rasional, sering kali keputusan pembelian dilakukan atas dasar emosional sehingga prinsip rasionalitas selalu dilanggar.Ada dua alasan penting mengapa prinsip rasionalitas sering dilanggar. Pertama, orang sering menghadapi permasalahan yang hanya tersedia informasi sedikit, sehingga ia tidak dapat memahami lebih jauh mengenai permasalahan tersebut. Kedua, manusia cenderung berorientasi pada hasil yang memuaskan (satisfactory) dari pada hasil yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara deskriptif proses pengambilan keputusan pembelian menggunakan kartu kredit pada pemilik kartu kredit yang bermasalah dengan kredit. Selain itu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian menggunakan kartu kredit. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik kartu kredit yang mengalami masalah keuangan (utang) dengan panentuan informan penelitian menggunakan pendekatan purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data dengan cara mereduksi selanjutnya mengorganisasi data sesuai dengan tujuan dan fokus penelitian. Hasil analisis pada kedua informan menemukan adanya perilaku pembelian menggunakan kartu kredit secara impulsif atas dasar pertimbangan emosional. Keputusan pembelian menggunakan kartu kredit dilakukan karena adanya pengaruh faktor pendapatan, kelompok acuan, gaya hidup, peran keluarga, prestige, self image dan sikap yang positif terhadap perilaku utang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Keputusan pembelian, kartu kredit, faktor demografis, faktor sosial, dan faktor psikologis
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 05:07
Last Modified: 23 Jun 2015 05:07
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item