Analisis pengaruh investor sentiment, umur perusahaan, dan kepemilikan manajerial terhadap kinerja jangka panjang pada perusahaan yang melakukan initial public offering pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2007 [CD-ROM]

Setyawan, Amang (2011) Analisis pengaruh investor sentiment, umur perusahaan, dan kepemilikan manajerial terhadap kinerja jangka panjang pada perusahaan yang melakukan initial public offering pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2007 [CD-ROM]. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BASB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh investor sentiment, umur perusahaan, dan kepemilikan manajerial terhadap kinerja perusahaan yang melakukan initial public offering (IPO) dalam jangka panjang. Banyak literatur yang mengemukakan bahwa kinerja IPO dalam jangka panjang akan mengalami penurunan. Salah satu variabel yang mempengaruhi kinerja IPO dalam jangka panjang adalah investor sentiment. Dalam penelitian ini investor sentiment diproksikan dengan underpricing, rasio P/E, first-day tradable share turnover, dan volume IPO. Variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi kinerja IPO dalam jangka panjang adalah umur perusahaan dan kepemilikan manajerial. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2007. Metode analisis yang digunakan regresi berganda untuk melihat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum investor sentiment, umur perusahaan, dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap kinerja IPO dalam jangka panjang, baik kinerja operasi maupun kinerja saham. Akan tetapi volume IPO yang merupakan salah satu proksi dari investor sentiment tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja IPO pada perusahaan yang melakukan IPO di BEI.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Master Program in Management" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kinerja IPO jangka panjang, investor sentiment, umur perusahaan, dan kepemilikan manajerial.
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:39
Last Modified: 28 Sep 2015 03:50
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item