Pengaruh kepemimpinan situasional, motivasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Kristen Petra 9 Surabaya

Indrawati, Ratna (2012) Pengaruh kepemimpinan situasional, motivasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Kristen Petra 9 Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis : (1) pengaruh kepemimpinan situasional terhadap kinerja guru di SD Kristen Petra 9, (2) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SD Kristen Petra 9, dan (3) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SD Kristen Petra 9. Populasi dalam penelitian adalah para guru di Sekolah Dasar Kristen Petra 9 yang berjumlah 50 orang. Pengumpulan data untuk penelitian ini diperoleh dari quisioner yang disebarkan kepada 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan pemodelan SEM dengan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Model evaluasi PLS berdasarkan pengukuran prediksi yang mempunyai sifat nonparametrik. Model struktural dievaluasi dengan melihat persentase variance yang dijelaskan dengan melihat nilai R2. Stabilitas dari estimasi ini dievaluasi dengan menggunakan statistik uji-t yang didapat dari prosedur bootstraping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kepemimpinan Situasional, Motivasi, dan Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, dengan pengaruh sebesar sebesar 0,570, (2) Kepemimpinan Situasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, dengan pengaruh sebesar sebesar 0,277, (3) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) adalah dengan pengaruh sebesar sebesar 0,406, (4) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) dengan pengaruh sebesar sebesar 0,617. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Situasional, Pengaruh Motivasi, dan Kepuasan kerja berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru di SD Kristen Petra 9. Dengan demikian ketiga variabel tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan kinerja guru di SD Kristen Petra 9. Saran yang diberikan adalah untuk meningkatkan kinerja guru di SD Kristen Petra 9 maka dapat diupayakan dengan memperbaiki gaya kepemimpinan situasional yang telah ada, meningkatkan motivasi kerja guru di SD Kristen Petra 9, dan meningkatkan kepuasan kerja guru di SD Kristen Petra 9.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan situasional, motivasi kerja, kepuasan kerja, dan kinerja guru
Subjects: Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2015 08:01
Last Modified: 07 Oct 2015 08:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3024

Actions (login required)

View Item View Item