Pengaruh metode role play terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa SMA Negri 8 Surabaya kelas XI-IPS

Ningrum, Aida Iasha (2010) Pengaruh metode role play terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa SMA Negri 8 Surabaya kelas XI-IPS. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Pemahaman sejarah di kalangan siswa makin sedikit. Sejarah identik dengan hafalan menjadi pelajaran membosankan. Hasil wawancara dengan siswa XI- IPS1 SMAN 8 Surabaya menyatakan bahwa sejarah menjadi pelajaran membosankan dan kurang menarik minat karena cara mengajar yang digunakan sangat monoton (ceramah/one way communication). Keadaan monoton yang terus terjadi akan mengakibatkan rasa bosan dan dapat membuat motivasi belajar siswa menurun pada pelajaran sejarah. Motivasi belajar adalah dorongan yang terjadi pada siswa (internal maupun eksternal) untuk mengadakan perubahan tingkah laku yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah dalam mencapai tujuan belajar tertentu. Faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah metode pengajaran yang digunakan guru dan salah satu metode yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dengan metode role play. Metode role play adalah metode pengajaran yang digunakan untuk menyajikan bahan pelajaran yang menggambarkan peristiwa masa lampau yang dilakukan oleh beberapa siswa untuk melakukan peran sesuai tujuan cerita dalam mencapai tujuan pengajaran tertentu. Melalui role play, selain melibatkan emosional, juga mendorong siswa terlibat aktif daripada sekedar mendengarkan dan membaca materi yang diberikan di kelas. Peneliti membuat modul pengajaran menggunakan metode role play untuk menunjang pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode role play terhadap motivasi belajar sejarah. Subjek penelitian 56 siswa SMA Negeri 8 Surabaya. Teknik pengambilan sampel, nonprobability sampling. Desain penelitian, nonrandomized pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala motivasi belajar sejarah (pre-test dan post-test ). Analisis data dengan teknik uji perbedaan non parametrik U Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan nilai Z score sebesar -4,028, p = 0,000 ( p <0,05) yaitu ada pengaruh metode role play terhadap motivasi belajar sejarah siswa. Kelompok eksperimen 13,7 9% memiliki motivasi belajar sejarah sangat tinggi dan 86,21% tinggi. Sumbangan efektif metode role play terhadap motivasi belajar sejarah sebesar 28%. Peneliti menyarankan guru pengajar sejarah dapat menggunakan metode role play sebagai metode pengajaran untuk menunjang proses belajar siswa agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Metode role play, motivasi belajar, sejarah.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 03:01
Last Modified: 13 Oct 2015 03:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item