Ketergantungan game Ragnarok online dan kecerdasan emosi pada remaja

Tedjasukmana, Andreas Arianto (2007) Ketergantungan game Ragnarok online dan kecerdasan emosi pada remaja. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Pada dunia dewasa ini tidak dapat dipungkiri bahwa permainan sudah menjadi salah satu bentuk hiburan dan salah satu permainan yang digemari serta menjadi booming saat ini adalah Ragnarok Online (RO). Permainan ini memiliki banyak fitur dan fasilitas menarik yang dapat digunakan untuk chatting, transaksi jual-beli dalam dunia virtual, bertempur bersama, berteman, bahkan menikah dalam dunia virtual. Di balik daya tarik tersebut, juga ditemukan sisi negatif RO. Banyak pemain mengalami ketergantungan terhadap permainan ini, bermain terus- menerus tanpa menghiraukan waktu dan aktivitas penting lain. Namun demikian, ditemukan juga beberapa pemain yang tidak mengalami ketergantungan. Peneliti menduga hal tersebut berhubungan dengan kecerdasan emosi pemain. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menguji ada tidaknya hubungan antara ketergantungan pada permainan RO dengan kecerdasan emosi pada remaja. Subjek penelitian ini adalah remaja laki-laki berusia 16-21 tahun dan sering bermain RO. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive incidental sampling. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment oleh Karl Pearson. Hasil analisis mendapatkan koefisien korelasi sebesar -0,623 dengan p= 0,000 (p<0,05) yang berarti bahwa hipotesis diterima dan terdapat hubungan signifikan negatif antara ketergantungan terhadap permainan RO dengan kecerdasan emosi pada remaja. Sumbangan efektif variabel ketergantungan pada permainan RO terhadap kecerdasan emosi sebesar 38,8%. Dengan demikian masih ada variabel lain sebesar 61,2% yang mempengaruhi kecerdasan emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Ketergantungan, kecerdasan emosi, game Ragnarok online, dan remaja
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 03:27
Last Modified: 13 Oct 2015 03:27
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item