Intensi prososial ditinjau dari empati pada anak-anak di panti asuhan

Dimiarni, Arindha (2007) Intensi prososial ditinjau dari empati pada anak-anak di panti asuhan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Intensi prososial merupakan salah satu hal terpenting bagi perkembangan sosial anak-anak, karena intensi prososial merupakan dasar dari perkembangan sosial anak di kemudian hari, tak terkecuali bagi anak-anak panti asuhan. Beberapa penelitian psikologi menyebutkan bahwa perkembangan sosial anak-anak panti asuhan cenderung kurang memuaskan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi intensi prososial adalah empati. Menurut Piaget intensi prososial dan empati anak-anak sudah terbentuk dengan baik ketika usia anak-anak akhir yaitu usia 10-12 tahun (Mussen dkk, 1994: 319). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensi prososial dan empati pada anak-anak di panti asuhan. Subyek penelitian ini (N=44) adalah anak-anak yang berusia 10-12 tahun (masa akhir anak-anak) yang tidak memiliki orang tua kandung dan tinggal menetap di panti asuhan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan skala Likert. Data yang diperoleh di analisis dengan teknik korelasi parametrik product moment. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,604 dengan p=0,00 (p<0,005) yang berarti bahwa ada hubungan antara intensi prososial dan empati pada anak-anak di pani asuhan. Dengan demikian empati akan berpengaruh pada intensi prososial pada anak-anak di panti asuhan dengan sumbangan efektif sebesar 37% dan 63% dari faktor-faktor yang lain. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa 38 subyek penelitian mempunyai empati yang tinggi (59,1%) dan tinggi sekali (27,3%), dan 32 subyek mempunyai intensi prososial yang sedang (27,27%) dan 12 subyek memiliki intensi prososial yang tinggi (72,72%). Saran bagi pihak panti asuhan sebaiknya memberikan behavior training, dengan cara memberikan anak tanggung jawab dan tugas secara teratur atau dengan cara memberikan pendidikan secara induksi, yaitu menjelaskan setiap tindakan atau kesalahan yang dilakukan anak. Bagi peneliti selanjutnya, mencoba dengan metode pengumpulan data yang lain, misalnya dengan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik focus group discusion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Intensi prososial, empati, anak-anak, panti asuhan
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 03:39
Last Modified: 13 Oct 2015 03:39
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item