Perilaku konsumtif dalam membeli handphone pada remaja akhir dengan status ekonomi atas dan status ekonomi menengah

Bintoro, Darwin (2010) Perilaku konsumtif dalam membeli handphone pada remaja akhir dengan status ekonomi atas dan status ekonomi menengah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi, penggunaan handphone merupakan kebutuhan yang sangat penting. Teknologi handphone dapat mempengaruhi perilaku konsumtif banyak kalangan, terutama remaja. Perilaku konsumtif merupakan perilaku yang dapat mengakar dalam gaya hidup remaja yang harus didukung oleh kekuatan finansial yang memadai. Bagi produsen handphone yang menawarkan fitur- fitur canggih, target pasar remaja adalah salah satu pasar yang sangat potensial. Di kalangan remaja, rasa ingin menunjukkan bahwa mereka juga dapat mengikuti mode yang sedang beredar sangatlah besar, padahal mode itu sendiri selalu berubah sehingga para remaja tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya, sehingga muncullah perilaku yang konsumtif tersebut. Status sosial yang disandang juga berperan dalam menentukan perilaku konsumtif tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya perbedaan perilaku konsumtif dalam membeli handphone antara remaja akhir yang memiliki status sosial ekonomi atas dan yang memiliki status ekonomi menengah. Subjek penelitian (N=200) adalah mahasiswa dari Universitas Kristen Petra dan Universitas Surabaya, berusia 17-22 tahun dan bertempat tinggal di Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala yang dipopulerkan Likert yang telah disesuaikan, juga menggunakan angket untuk men-screening status ekonomi. Data yang diperoleh di analisis dengan teknik uji perbedaan atau uji t atau t-test. Hasil analisis mendapatkan nilai signifikansi (p-value) t sebesar 0,000, dimana nilai tersebut lebih kecil dari 5%, sehingga disimpulkan terdapat perbedaan perilaku komsumtif yang signifikan antara remaja akhir dengan status ekonomi menengah dan status ekonomi atas, dimana remaja akhir dengan status ekonomi atas memiliki perilaku konsumtif yang lebih tinggi dibandingkan dengan remaja akhir dengan status ekonomi menengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Status sosial, perilaku konsumtif, handphone, remaja akhir
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 03:59
Last Modified: 13 Oct 2015 03:59
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item View Item