Priyono, Wahyu (2009) Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah siswa sekolah dasar St Mary Nasional Plus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (935kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (457kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (861kB) | Preview |
Abstract
Menyikapi perkembangan zaman saat ini, eksistensi Bahasa Daerah perlu mendapat perhatian khusus terutama dalam bidang pendidikan. Salah satu permasalahan menyikapi eksistensi Bahasa Daerah adalah terkait dengan rendahnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Daerah terutama Bahasa Jawa pada siswa usia Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini, peneliti menawarkan alternatif solusi berupa metode pengajaran memanfaatkan alat peraga yakni wayang kulit. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa Sekolah Dasar St Mary Nasional Plus Surabaya kelas 3 berjumlah (N=11) untuk kelompok eksperimen, dan kelompok kontrol (N=15). Teknik yang digunakan dalam pemilihan kelompok adalah nonprobabilty sampling. Penentuan teknik penelitian ini dikarenakan manipulasi pada kelas yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Sementara itu, untuk menentukan pembagian kelompok, peneliti terlebih dulu menunggu hasil dari penyebaran angket pretest. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t-test sample independent sebesar 0,044 (p<0,05), yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh pemberian metode wayang kulit terhadap motivasi belajar Bahasa Daerah siswa Sekolah Dasar Nasional Plus St Mary Surabaya. Sementara itu sumbangan efektif variabel penelitian menunjukkan nilai sebesar 16 %, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa sebanyak 16 % variabel penelitian metode wayang kulit memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar Bahasa Daerah siswa kelas 3 SD Nasional Plus St Mary Surabaya. Adapun saran dalam penelitian ini adalah agar sekolah dan guru kelas dapat menggunakan metode wayang kulit sebagai salah satu alternatif untuk menumbuhkan motivasi belajar Bahasa Daerah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, dan metode wayang |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 33 not found. |
Date Deposited: | 13 Oct 2015 04:01 |
Last Modified: | 13 Oct 2015 04:01 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3345 |
Actions (login required)
View Item |