Prestasi belajar siswa tunarungu ditinjau dari dukungan orangtua dan kebutuhan berprestasi

Nurica, Ni Gusti Made (2009) Prestasi belajar siswa tunarungu ditinjau dari dukungan orangtua dan kebutuhan berprestasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)

Abstract

Siswa tunarungu ialah siswa yang kehilangan pendengaran baik sebagian maupun seluruhnya yang menyebabkan pendengarannya tidak berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Keterbatasan dan hambatan komunikasi yang mereka miliki secara tidak langsung ikut mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah. Prestasi belajar merupakan suatu tolok ukur keberhasilan proses belajar yang diikuti siswa dikelas. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar, ada yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa. Dukungan orangtua dan kebutuhan berprestasi siswa menjadi dua dari antara banyak faktor. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dukungan orangtua yang diterima dan kebutuhan berprestasi yang dimiliki dengan pencapaian prestasi belajar siswa tunarungu. Subjek penelitian (N=31) adalah siswa-siswi SMPLB Karya Mulia Surabaya yang berusia 13-18 tahun, dengan taraf ketunarunguan sedang sampai berat. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan skala psikologik. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi non parametrik Kendall’s tau b Hasil analisis mendapatkan koefisien korelasi sebesar – 0,067 dengan nilai p sebesar 0,607 (p > 0,05) untuk dukungan orangtua dan prestasi belajar yang berarti bahwa tidak ada hubungan antara dukungan orangtua dengan prestasi belajar. Sementara untuk kebutuhan berprestasi dan prestasi belajar didapatkan hasil korelasi rxy sebesar 0,187 dengan nilai p sebesar 0,151 (p > 0,05) yang berarti bahwa tidak ada hubungan antara kebutuhan berprestasi dan prestasi belajar. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa dukungan orangtua sebagian besar subjek berada pada kategori tinggi (38,71%), kebutuhan berprestasi berada pada kategori sedang (41,93%), dan prestasi belajar berada pada kategori tinggi (41,93%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, dukungan orangtua, kebutuhan berprestasi dan tunarungu.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2016 02:36
Last Modified: 02 Nov 2016 02:36
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3419

Actions (login required)

View Item View Item