Intensi menggunakan Buku Sekolah Elektronik pada siswa Sekolah Menengah Atas ditinjau dari sikap terhadap Buku Sekolah Elektronik, norma subjektif, dan perceived behavior control

Kurniawan, Felim (2009) Intensi menggunakan Buku Sekolah Elektronik pada siswa Sekolah Menengah Atas ditinjau dari sikap terhadap Buku Sekolah Elektronik, norma subjektif, dan perceived behavior control. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Pada saat terjadi kendala tentang pengadaan buku pelajaran, Buku Sekolah Elektronik, yang disingkat BSE yang merupakan program dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) diluncurkan untuk mengatasi kendala tersebut. Namun pada kenyataannya di lapangan BSE masih mengalami kendala. Kendala yang dialami adalah judul yang masih terbatas, sulitnya proses download, serta versi cetak yang pengadaannya masih sedikit, pihak sekolah yang tidak mewajibkan penggunaan BSE, tidak adanya sosialisasi yang dilakukan oleh beberapa pihak sekolah mengenai BSE, serta adanya keengganan siswa untuk menggunakan BSE. Dengan kendala-kendala di atas tentunya akan mempengaruhi intensi, sikap, norma subjektif, dan PBC siswa. Berangkat dari fenomena diatas peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara intensi menggunakan BSE pada siswa SMA dengan sikap, norma subjektif, dan PBC terhadap BSE. Subjek penelitian (N=115) adalah siswa kelas X, XI SMA Negeri kompleks yang mengetahui tentang BSE. Teknik pengambilan sampel untuk menentukan kriteria subjek menggunakan teknik incidental sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi kendall’s tau-b, yang dilakukan dengan bantuan SPSS For Windows Versi 17.0. Dari perhitungan diperoleh hasil uji hipotesis minor untuk variabel sikap dan intensi (X1,Y) yaitu koefisien korelasi r = 0,524 dengan p = 0,000 (p<0.05), yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi kesimpulannya adalah adanya hubungan yang signifikan antara intensi menggunakan BSE pada siswa SMA dengan sikap terhadap BSE. Kemudian untuk variabel norma subjektif dan intensi (X2,Y) didapat koefisien korelasi r = 0,641dengan p = 0,000 (p<0.05), yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi kesimpulannya adanya hubungan yang signifikan antara intensi menggunakan BSE pada siswa SMA dengan norma subjektif. Selanjutnya untuk variabel PBC dan intensi (X3,Y) didapat koefisien korelasi r = 0,205 dengan p = 0,000 (p<0.05), yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi kesimpulannya adanya hubungan yang signifikan antara intensi menggunakan BSE pada siswa SMA dengan PBC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Intensi menggunakan BSE, sikap terhadap BSE, norma subjektif, PBC
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 06:11
Last Modified: 13 Oct 2015 06:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item