Prokrastinasi akademik dan kecerdasan emosi pada mahasiswa

Pebrianti, Sri Wahyuni (2009) Prokrastinasi akademik dan kecerdasan emosi pada mahasiswa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah perguruan tinggi perkuliahan merupakan kegiatan yang wajib untuk diikuti oleh setiap mahasiswa. Dalam perkuliahan ada bermacam-macam kegiatan yang wajib untuk dikerjakan oleh mahasiswa. Banyaknya kegiatan perkuliahan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa tersebut menyebabkan tidak sedikit mahasiswa yang sering mengalami hambatan ketika mengerjakan pekerjaan perkuliahan yaitu masalah penundaan dalam menyelesaikan kegiatan akademik seperti mengerjakan tugas dan belajar mendekati tenggat waktu yang telah ditentukan sehingga menyebabkan tidak maksimal dalam menyelesaikan tugas akademik dan mengakibatkan dampak yang buruk bagi kondisi fisik dan psikis. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seorang mahasiswa dalam melakukan penundaan misalnya pengontrolan diri yang rendah dimana pengontrolan diri ini merupakan aspek dari kecerdasan emosi, hasil dari angket terbuka mengatakan bahwa jika suasana hati sedang buruk individu cenderung melakukan penundaan. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 88 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan teknik pengambilan sampel Insidental Quota sampling dimana peneliti menetapkan terlebih dahulu jumlah subjek penelitian untuk mewakili di setiap angkatan yaitu angkatan 2005-2008. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Likert yang terdiri dari Skala Prokrastinasi Akademik dan Kecerdasan Emosi serta teknik analisa yang digunakan adalah korelasi Kendall’s Tau_b karena variabel Kecerdasan Emosi tidak mengikuti distribusi normal. Hasil pengolahan data diperoleh skala koefisian korelasi sebesar sebesar -0,217 dengan p (sig) = 0,004. (p < 0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Korelasi yang diperoleh bersifat negatif yang artinya bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki maka semakin rendah prokrastinasi akademik pada mahasiswa dan begitu pula sebaliknya bahwa semakin rendah kecerdasan emosi yang dimiliki maka semakin tinggi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Sumbangan efektif variabel kecerdasan emosi pada variabel prokrastinasi akademik hanya sebesar 4,71% dan 95,29% variabel prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi akademik, kecerdasan emosi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 06:15
Last Modified: 13 Oct 2015 06:15
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item