Motivasi mengajar dan kecerdasan emosi pada guru YPAC

Sari, Stefani Dhyni Litha Puspa (2009) Motivasi mengajar dan kecerdasan emosi pada guru YPAC. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar-mengajar seorang guru membutuhkan adanya suatu daya pendorong atau kekuatan. Adapun daya pendorong disebut sebagai motivasi. Hal ini terlebih pada seorang guru yang mengajar pada siswa tunadaksa. Siswa tunadaksa di tempat penelitian tidak hanya memiliki keterbatasan dari segi fisik maupun dari segi intelegensinya. Adanya daya pendorong yang berupa motivasi inilah dapat mempertahankan perilaku mengajar guru di dalam kelas. Motivasi mengajar adalah suatu daya penggerak yang mendorong kuat seseorang dengan ditandai timbulnya afektif dan reaksi untuk menyampaikan pengetahuan pada anak didiknya yang didasari dengan semangat tinggi. Salah satu faktor penting dalam motivasi mengajar adalah kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi merupakan kecakapan dalam pengelolaan emosi. Dengan adanya pengelolaan emosi yang baik dapat membuat guru termotivasi dalam upaya pengajarannya di kelas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan motivasi mengajar guru YPAC. Subjek penelitian ini (N=32) adalah guru YPAC Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total population study, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi non parametrik Kendall’s Tau-b. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil koefisien korelasi rxy sebesar 0,092 dengan nilai p sebesar 0,473 (p > 0,05) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan motivasi mengajar pada guru. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya hal lain yang dapat mempengaruhi motivasi mengajar guru, seperti faktor psikis yang dimiliki guru. Secara deskriptif diperoleh hasil motivasi mengajar berada pada kategori tinggi (46,9%) sebanyak 15 guru dan kecerdasan emosi pada kategori tinggi (56,2%) sebanyak 18 guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Motivasi mengajar, kecerdasan emosi, guru YPAC
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 06:16
Last Modified: 13 Oct 2015 06:16
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item