Pengaruh penerapan metode permainan terhadap motivasi belajar matematika pada siswa SD

Harris, Elvina (2009) Pengaruh penerapan metode permainan terhadap motivasi belajar matematika pada siswa SD. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan maksimal dalam melakukan aktivitas belajar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar seseorang adalah pemberian metode belajar. Pada pelajaran matematika, siswa akan merasa bosan apabila hanya mendengarkan guru mengajar di kelas. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode permainan terhadap motivasi belajar matematika pada siswa SD Manguni. Subjek penelitian (N=14) merupakan siswa SD Manguni yang berusia 8-9 tahun dan duduk di kelas 3. Subjek penelitian dibagi menjadi 7 orang pada kelompok eksperimen dan 7 orang pada kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan total population study, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik non parametrik U Mann Whitney Test. Hasil analisis menunjukkan nilai U hitung sebesar 17,500 dengan p = 0,359 (p > 0,05) yang berarti bahwa tidak ada pengaruh pemberian metode permainan terhadap motivasi belajar matematika pada siswa SD Manguni. Dengan demikian penerapan metode permainan tidak berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa sebagian besar subjek penelitian memiliki motivasi belajar matematika yang tinggi (29%) dan sangat tinggi (71%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, matematika, dan metode permainan
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2015 02:48
Last Modified: 17 Nov 2015 02:48
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item