Persepsi orangtua terhadap perilaku konsumtif anak

Lesmana, Sylvie Yuliati (2009) Persepsi orangtua terhadap perilaku konsumtif anak. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Di era perkembangan industrialisasi yang semakin pesat, tidak dapat dipungkiri, tidak ada satu pun dari aspek kehidupan masyarakat yang terlepas dari dampak perkembangan industri. Di pihak industri, hal ini tampak dengan perkembangan di sektor produksi dalam bentuk penjualan produk beragam yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Perkembangan di sektor produksi ini tentu saja mempengaruhi pola konsumsi masyarakat yang semakin lama akan terkepung dengan barang industri dan besar kemungkinannya berujung pada perilaku konsumtif. Pada saat ini perkembangan industri bukan hanya memusatkan produk pada user orang dewasa saja, tetapi juga memusatkan produk pada user anak. Pemusatan produk pada anak-anak tentu saja akan membawa keuntungan bagi industri apalagi ketika anak berperilaku konsumtif maka akan meningkatkan keuntungan besar bagi sektor industri. Menurut Neufeldt (Zebua dan Nurdjayadi, 2001:74) perilaku konsumtif sendiri merupakan suatu tindakan yang tidak rasional dan bersifat kompulsif sehingga secara ekonomis menimbulkan pemborosan dan inefisiensi biaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi orangtua terhadap pembentukan perilaku konsumtif anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terhadap 3 orang informan, yaitu orang tua yang memiliki anak berusia antara 6 sampai 12 tahun, yang memberikan kebebasan secara berlebihan kepada anak dalam hal pemberian dan penggunaan uang serta mengkonsumsi barang yang melebihi budget, serta tidak didasarkan atas kebutuhan tetapi keinginan semata, subjek berasal dari kalangan ekonomi atas, dan tidak memberikan pendidikan konsumsi pada anak. Padahal anak usia 6 sampai 12 tahun masih memerlukan pendidikan konsumsi dari orangtua dan campur tangan orangtua dalam proses pengambilan keputusan. Dari pembahasan terhadap hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 tema yang menunjukkan persepsi orang tua terhadap perilaku konsumtif anak, yaitu faktor pendukung, faktor penyebab, perilaku, dampak, serta harapan orangtua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif, perilaku konsumtif anak
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2015 03:14
Last Modified: 05 Jan 2016 07:50
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item View Item