Motivasi belajar pada remaja ditinjau dari intensitas penggunaan facebook

Susanto, Veronicca Theresia (2010) Motivasi belajar pada remaja ditinjau dari intensitas penggunaan facebook. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, jumlah penggunaan internet terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu situs yang menduduki peringkat teratas dan penggunanya terus meningkat saat ini adalah facebook. Pengguna situs ini terdiri dari hampir semua kalangan usia termasuk remaja. Banyak remaja yang menghabiskan banyak waktu untuk membuka facebook sehingga dapat mengganggu motivasinya dalam melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar sendiri mempunyai peran penting dalam proses belajar, salah satunya adalah menyeleksi arah perbuatan bagi siswa apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau prestasi yang diinginkannya. Tidak ada kegiatan belajar tanpa motivasi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara motivasi belajar dan intensitas penggunaan facebook. Subjek Penelitian (N=173) adalah siswa-siswi SMP Gloria Surabaya kelas 7-9 yang berusia 12-15 tahun dan memiliki account aktif di facebook. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive stratified sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi non parametrik Kendall’s tau-b. Hasil analisis mendapatkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan intensitas penggunaan facebook dengan koefisien korelasi sebesar -0,121 dan p sebesar 0,031 (p<0,05). Kontribusi variabel intensitas penggunaan facebook terhadap motivasi belajar adalah sebesar 1,464%. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar sedang (52,02%) dan intensitas penggunaan facebook yang rendah (53,76%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, intensitas penggunaan facebook, dan remaja
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2015 03:19
Last Modified: 17 Nov 2015 03:19
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item