Pengaruh pengungkapan akuntansi lingkungan terhadap pemeringkatan kinerja lingkungan pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia [CD-ROM]

Supanto, Ristarty (2013) Pengaruh pengungkapan akuntansi lingkungan terhadap pemeringkatan kinerja lingkungan pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia [CD-ROM]. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Pengungkapan merupakan bagian dari pelaporan keuangan. Tujuan dari pengungkapan ini adalah untuk memberikan informasi terhadap pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan. Banyak perusahaan yang secara sukarela melakukan pengungkapan akuntansi lingkungan. Hal ini dilakukan oleh beberapa perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengungkapan akuntansi lingkungan berpengaruh terhadap pemeringkatan kinerja lingkungan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengungkapan akuntansi lingkungan diukur menggunakan GRI (Global Reporting Initiative), sedangkan pemeringkatan kinerja lingkungan diukur menggunakan PROPER pada tahun 2011 dan 2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan objek penelitian adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI di tahun 2011 dan 2012 serta, mengikuti PROPER periode 2011 dan 2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan akuntansi lingkungan berpengaruh terhadap pemeringkatan kinerja lingkungan. Perusahaan yang memiliki pengungkapan akuntansi lingkungan yang buruk, akan memperoleh pemeringkatan yang buruk juga. Pemerolehan pemeringkatan kinerja lingkungan yang baik dari pihak eksternal perusahaan akan berguna bagi perusahaan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: pengungkapan akuntansi lingkungan, pemeringkatan kinerja lingkungan, GRI, PROPER.
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2014 08:28
Last Modified: 28 Nov 2014 08:28
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item