Analisis sistem persediaan bahan baku dan perancangan sop untuk meningkatkan pengendalian internal studi kasus perusahaan produksi peralatan bayi

Eny Yulandari H., (2013) Analisis sistem persediaan bahan baku dan perancangan sop untuk meningkatkan pengendalian internal studi kasus perusahaan produksi peralatan bayi. Undergraduate thesis, Univesity Catholic Widya Mandala.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Persediaan bahan baku merupakan modal kerja yang harus dikelola secara efektif dan efisien sehingga penggunaannya lebih terkontrol. Persediaan juga merupakan aktivitas operasional perusahaan yang memerlukan suatu pengendalian internal yang memadai untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan dan berfungsi sebagai kontrol apakah aktivitas yang dilakukan sesuai dengan prosedur atau kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penelitian ini merupakan studi kasus PT Niki Mapan yang bergerak dalam produksi peralatan bayi, dimana bukan untuk pengujian suatu hipotesis. Selain itu penelitian ini ditujukan untuk menganalisis suatu sistem persediaan bahan baku dan merancangkan Standar Operasional Prosedur yang diharapkan dapat meningkatkan pengendalian internal perusahaan dimasa yang akan datang. Permasalahan yang terdapat dalam perusahaan ini adalah Sering terdapat perbedaan antara jumlah persediaan bahan baku secara fisik dengan yang dicatat dalam kartu stock bahan baku, tidak adanya dokumen pencatatan saldo persediaan bahan baku sisa hasil produksi secara jelas, tidak ada SOP. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif terhadap sistem persediaan bahan baku untuk memperoleh data yang dibutuhkan, sehingga kelemahan dari sistem tersebut dan pengendalian internal dapat diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem persediaan dan perancangan SOP untuk meningkatkan pengendalian internal agar dapat menyediakan informasi yang berguna bagi PT Niki Mapan. Oleh karena itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem persediaan bahan baku dan pengendalian internal pada PT Niki Mapan perlu mengalami perbaikan untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan dan kecurangan yang memungkinkan dapat terjadi dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: sistem persediaan bahan baku, pengendalian internal, standar operasional perusahaan.
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2014 23:15
Last Modified: 28 Nov 2014 23:15
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item