Hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan sosial dan emosional anak berkebutuhan khusus (ABK); tunarungu di SDLB-B Karya Mulia I Surabaya

Nandia, Karunia Prastika (2015) Hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan sosial dan emosional anak berkebutuhan khusus (ABK); tunarungu di SDLB-B Karya Mulia I Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
Bab 7.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABK; tunarungu memiliki masalah yang menonjol pada kemampuan sosial dan emosional karena keterbatasan kemampuan mendengar mereka. Kemampuan sosial dan emosional dapat ditingkatkan dengan adanya dukungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan sosial dan emosional ABK; tunarungu. penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimen dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Populasi adalah 30 wali murid di SDLB-B Karya Mulia I Surabaya. Metode samplingnya adalah quota sampling. Variabel penelitian adalah dukungan keluarga, kemampuan sosial dan emosional ABK; tunarungu. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menggunakan uji statistik Spearman Rank, menunjukkan ada hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan sosial dengan nilai r menunjukkan kekuatan tingkat hubungan korelasinya sedang dan searah berarti semakin tinggi dukungan keluarga maka semakin tinggi pula kemampuan sosial yang dimiliki anak tunarungu. Serta ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kemampuan emosional ABK; tunarungu. Nilai r menunjukkan kekuatan tingkat hubungan korelasinya sedang dan searah berarti semakin tinggi dukungan keluarga maka semakin tinggi pula kemampuan emosional yang dimiliki anak tunarungu. Kemampuan sosial dan emosional yang rendah pada anak tunarungu dapat diminimalisir oleh keluarga karena keluarga adalah orang yang paling dekat dan mempunyai intensitas tinggi untuk bersama dengan anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Kemampuan Sosial, Kemampuan Emosional, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2015 01:39
Last Modified: 20 Oct 2015 01:39
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item View Item